Dokter Ini Sebut 3 Cara Sederhana Tangkal Corona

  • Whatsapp
Tangkal Corona
FOTO Wanita Memakai Masker. (Pixabay)

SmartNews, Tapanuli – dr Erlina Burhan, SpP dari RSUP Persahabatan mengungkapkan 3 cara sederhana tangkal virus Corona (COVID-19) ternyata cukup simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja.

Menurut dr Erlina Burhan, SpP, virus corona menular lewat dua cara yaitu penularan langsung yakni melalui droplet dari orang sakit yang terhirup orang lain di sekitarnya.

Bacaan Lainnya

“Droplet adalah cipratan yang keluar saat batuk atau bersin, dan ini jaraknya sekitar 1 meter,” kata dr Erlina dalam konferensi pers dalam jaringan di BNPB, baru-baru ini sebagaimana melansir detikcom, Jumat (1/5/2020).

Untuk penularan secara langsung, ada 3 cara sederhana tangkal corona mudah seperti dijelaskan dr Erlina.

1. Memakai masker

Masker digunakan saat sedang sakit atau merasa tidak sehat. Bisa juga dipakai saat merawat orang sakit.

2. Jaga jarak

Sesuai jangkauan droplet, usahakan untuk saling menjaga jarak minimal 1 meter.

3. Di rumah saja

Tetap berada di rumah, menurut dr Erlina adalah upaya untuk membatasi interaksi sosial. Saat ini sangat dianjurkan untuk tidak keluar rumah terlebih dahulu.

“Kalau sangat penting harus keluar, jaga jarak 1 meter. Jika berada dalam kerumunan, lebih baik pakai masker,” pesan dr Erlina.

Sedangkan cara penularan yang kedua adalah secara tidak langsung. Ini terjadi saat droplet tumpah dan menempel ke permukaan benda sehari-hari.

Jika tanpa sengaja tangan menyentuh permukaan yang tercemar dan kemudian memegang wajah, maka risiko penularan akan sangat besar.

Dua cara utama untuk mencegah penularan secara tidak langsung adalah:

1. Cuci tangan

Dilakukan sebelum dan setelah buang ingus, memegang orang sakit, merawat luka, mengolah makanan, dan sebagainya.

2. Tidak menyentuh wajah

Terkadang memang sulit untuk menahan godaan menyentuh wajah. Namun menurut dr Erlina, itu bisa dilakukan dengan menanamkan dalam pikiran untuk tidak pernah menyentuh wajah dan menjadikannya sebagai kebiasaan. (dtc/snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *