Jumlah Positif Covid-19 di Tapteng Bertambah Jadi 5 Orang

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani Menjelaskan Terkait Seorang Warga Tapteng Terpapar Covid-19. (Foto: Dok_Istimewa)

SmartNews, Tapteng – Satu lagi warga Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut) terkonfirmasi positif terpapar Covid-19.

Pasien berinisial AF berusia 40 tahun jenis kelamin laki-laki, warga Kecamatan Tapian Nauli, Tapteng.

Bacaan Lainnya

Demikian diungkapkan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam konferensi pers di rumah dinasnya Jl M. H. Sitorus, Kota Sibolga pada Jumat malam (17/7/2020).

Bupati Bakhtiar menjelaskan, pasien ditetapkan terpapar Covid-19 berdasarkan hasil Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR).

Dijelaskan, pasien AF ditetapkan positif terpapar Covid-19 berdasarkan surat Kepala Dinas Kesehatan Sumut, Nomor 443.33/8695.18/DINKES/VII/2020 Tanggal 15 Juli 2020, perihal hasil pemeriksaan sampel Covid-19.

Selanjutnya sehubungan dengan surat Kepala Laboratorium Klinik Terpadu Rumah Sakit (RS) Universitas Sumatera Utara (USU) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (Kemendikbud) Nomor 247/UN.5.3.2.7/KPM/2020 Tanggal 14 Juli 2020, perihal hasil pemeriksaan sampel Covid-19.

“Berdasarkan hal dimaksud, kami sampaikan bahwa hasil pemeriksaan sampel Covid-19 dengan metode RT-PCR pada Pasien Dalam Pengawasan (PDP) kepada pasien inisial AF usia 40 tahun, jenis kelamin laki-laki, tanggal pengambilan sampel 8 Juli 2020, tanggal terima hasil 14 Juli 2020, hasil laboratorium RT-PCR SARS CoV-2 dinyatakan positif. Pasien AF berdomisili di Kecamatan Tapian Nauli, tepatnya di Panakalan,” terang Bakhtiar didampingi Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul, Ketua DPRD, Khairul Kiyedi Pasaribu, Wakil Ketua DPRD, Willy Saputra Silitonga, Kepala Dinas Kesehatan, Nursyam, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tapteng, Safaruddin Ananda Nasution dan Direktur RSUD Pandan dr. Rikky Nelson Harahap.

“Jadi, kami berharap masyarakat tetap menjaga kesehatan, hindari kerumunan yang tidak perlu, lebih bagus bertahan di rumah, jaga kebersihan, imun tubuh, dan hindari berdekatan dengan orang dengan jaga jarak, gunakan masker, rajin cuci tangan,” imbau Bupati Tapteng.

Di kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan bahwa Pemkab Tapteng telah bekerja dengan sungguh-sungguh, siang dan malam menjaga dan melakukan pemeriksaan dengan sangat ketat kepada siapapun yang ingin masuk ke daerah itu.

“Kami akan tetap bekerja semaksimal mungkin demi dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19, karena kami tidak ingin Covid-19 ini menyebar dan meluas di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Tapanuli Tengah,” jelasnya.

Dia juga berpesan agar masyarakat jangan khawatir berlebihan, dan jangan pula menganggap sepele dengan pandemi Covid-19.

“Masyarakat Tapteng juga kita imbau untuk melaksanakan protokol kesehatan Covid-19 dalam beraktivitas,” tambahnya.

Pasien AF yang dinyatakan positif Covid-19 sudah dirujuk ke rumah sakit rujukan, dan berdasarkan hasil tracing terhadap yang kontak langsung dengan pasien dikarantina di Gedung Prodi Akper Tapteng.

Diterangkan, bahwa sebelumnya pada Selasa 7 Juni 2020, petugas Kesehatan Dinas Kesehatan Tapteng melakukan Rapid Test pada AF dengan hasil Reaktif.

Selanjutnya pada Rabu 8 Juli 2020, diambil sampel Swabnya dan dikirim ke Laboratorium Klinik Terpadu RS USU, hingga dinyatakan Positif Covid-19 dengan metode RT-PCR.

Dengan bertambahnya satu pasien positif ini, tercatat sudah 5 orang warga Tapteng dinyatakan positif terpapar Covid-19.

Dari jumlah itu, tiga orang dalam perawatan (Isolasi), satu orang dinyatakan sembuh dari Covid-19, dan satu orang meninggal dunia. (ril_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *