Nenas Taput Bakal Diekspor ke Jepang

  • Whatsapp
FOTO: Nenas asal Kecamatan Sipahutar, Taput. (Foto: Dok_Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Bupati Nikson Nababan, membahas produksi dan ekspor nenas dari Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) ke Jepang melalui zoom meeting di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati Taput, Kamis (15/10/2020).

Bupati Taput memaparkan bagaimana produksi nenas di daerah itu, khususnya dari Kecamatan Sipahutar yang memiliki cita rasa manis dan enak. Karenanya, produksi nenas dari Kecamatan Sipahutar ditarget mampu menghasilkan 134.096,90 ton pertahun dengan kualitas tinggi.

Bacaan Lainnya

Paparan yang disampaikan Bupati Nikson Nababan mendapat apresiasi luar biasa dari peserta rapat zoom meeting, dan akan mendapat pembahasan lanjutan.

Pada kesempatan itu, Dubes Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi selaku pimpinan zoom meeting menyampaikan bahwa keunggulan nenas Taput akan ini digali dan dikembangkan untuk menjadi pemasok nenas ke Jepang.

“Kerjasama terdahulu antara Pemkab Taput dengan JICA Jepang akan bermanfaat untuk melanjutkan kerjasama untuk ekspor nenas ini,” kata Heri Akhmad.

FOTO: Bupati Taput Nikson Nababan.

Sementara itu, Ammarsjah sebagai narasumber menyampaikan bahwa produktivitas nenas dari Kecamatan Sipahutar sudah luar biasa banyak.

“Setiap daerah punya keunggulan dan cita rasa buah nenasnya, tapi melihat teksturnya saja, saya yakin gula dan cita rasanya tinggi. Tinggal bagaimana kita menyepakati apa yang kita akan lakukan,” Ammarsjah mengakhiri.

Diacara ini, Bupati didampingi Kadis Pertanian Sey Pasaribu, Kadis Koperasi Marco Panggabean, Direktur Perusda Pertanian, Jan Piter Lumbantoruan dan Camat Sipahutar, Ronal NM Silitonga. (snt_ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *