Di Mapolsek Pandan, Pemalak Sopir Truk Itu Tak Garang Lagi

  • Whatsapp
FOTO Kapolres Tapteng AKBP Nicolas Dedy Arifianto saat Menanyai IS di Mapolsek Pandan.

SmartNews, Tapanuli – Seorang laki-laki diduga pelaku pemalakan terhadap sejumlah sopir di jalan Sibolga-Tarutung di Km 5 Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut) yang viral beberapa hari lalu di media sosial Facebook, berhasil diamankan Polsek Pandan, Kamis 22/10/2020).

Kapolsek Pandan, Iptu Zulkarnaeng Pohan menjelaskan, laki-laki yang diamankan tersebut berinisial IS berusia 24 tahun warga Kota Sibolga.

Bacaan Lainnya

IS diamankan dari salah satu pencucian mobil di Km 2 jalan Sibolga-Tarutung, dan kini mendekam di Mapolsek Pandan.

Namun lantaran tidak ada pelapor dalam kasus ini, sehingga masuk ke tindak pidana ringan (Tipiring). “Jadi hari ini jadwal sidangnya di Pengadilan Negeri Sibolga. Terkait bagaimana nanti hasil putusan, itu tergantung dari pihak pengadilan,” kata Kapolsek Pandan, Iptu Zulkarnaen Pohan kepada wartawan di kantornya, Jumat (23/10/2020) seraya mengatakan teman IS belum berhasil diamankan.

Sementara itu, Kapolres Tapteng, AKBP Nicolas Dedy Arifianto yang tiba-tiba datang di Mapolsek Pandan saat konferensi pers, menegaskan bahwa kasus seperti ini menjadi salah satu atensi Kapolri yang harus dituntaskan sesegera mungkin.

“Kasus seperti ini menjadi salah satu atensi dari Kapolri untuk diberantas. Jadi kita komitmen, dan kami jamin memberikan rasa aman kepada masyarakat, menjaga Kamtibmas. Kita tindak tegas, tidak ada toleransi terkait hal-hal seperti ini,” ungkap Nicolas.

Kapolres juga minta kerjasama dari masyarakat apabila menemukan kasus yang sama seperti ini agar segera melaporkannya ke polisi.

“Jajaran Polsek Polres Tapteng selalu rutin giat patroli untuk menciptakan situasi kamtibmas yang aman. Terima kasih juga atas partisipasi masyarakat terkait adanya informasi kasus pemalakan ini. Kalau ada kasus seperti ini lagi di wilayah Tapteng silakan informasikan ke kita,” tutur Nicolas.

Sementara, IS mengaku bersama temannya itu baru beberapa minggu melakukan aksi pemalakan di Km 5 jalan Sibolga-Tarutung. “Kami hanya minta uang makan, seribu, 2 ribu hingga 5 ribu kami minta dari sopir truk,” aku IS kepada wartawan, Jumat.

Saat ditanya wartawan, tampang garangnya tak terlihat lagi di markas polisi. Ia hanya banyak tertunduk lesu.

Sebagaimana diberitakan, viral foto dua orang laki-laki melakukan aksi pemalakan terhadap sejumlah sopir truk di jalan lintas Sibolga-Tarutung di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut).

Ironisnya, aksi kedua pelaku ini berlangsung pada siang hari. Seperti di lihat lewat postingan di media sosial Facebook, keduanya berdiri di tengah jalan. Satu orang diantaranya menenteng potongan kayu.

Tampang keduanya pun terlihat begitu garang saat melakukan aksinya saat itu. Namun tak lama setelah informasi tersebut sampai ke polisi, Kapolsek Pandan, Kapolsek Iptu Zulkarnaen Pohan bersama personilnya bergerak cepat turun mencari terduga pelaku.

IS yang selama ini diketahui bekerja di salah satu pencucian mobil di Km 2 jalan lintas Sibolga-Tarutung berhasil diamankan.

“IS kita amankan kemarin siang, Kamis 22 Oktober 2020 di tempat pencucian mobil di Km 2 sekitar pukul 11.00 WIB,” kata Zulkarnaen Pohan, Jumat (23/10/2020) di Mapolsek Pandan. (snt_ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *