Air Terjun Aek Bontar Tapteng yang Manjakan Pengunjung

  • Whatsapp
Foto: Suasana warga di lokasi air terjun Aek Bontar, Kecamatan Badiri, Tapteng.
Foto: Suasana warga di lokasi air terjun Aek Bontar, Kecamatan Badiri, Tapteng.

SNT – Bicara tentang wisata di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara yang terpikir dibenak pasti pesona pantainya yang indah. Namun tak dipungkiri bahwa wisata bahari yang dimiliki Kabupaten Tapteng sangat memanjakan mata, apalagi bagi pelancong yang hobi mengeksplorasi.

Selain wisata bahari, Tapteng juga menyimpan banyak potensi wisata air terjun yang indah. Salah satunya air terjun Aek Bontar di Desa Pagaran Honas, Kecamatan Badiri. Untuk mencapai lokasi tersebut, dibutuhkan waktu 1 jam perjalanan dengan naik kendaraan dari Kota Pandan mengarah ke Tapanuli bagian selatan.

Bacaan Lainnya

Selama perjalanan, Anda akan melintasi kawasan pusat pemerintahan Kabupaten Tapanuli Tengah, termasuk beberapa desa yang ada di Kecamatan Badiri. Di perjalanan menuju lokasi, Anda akan disuguhkan pemandangan yang asri dengan penduduk desa yang ramah ditambah aliran sungai yang membujur mengarah ke Desa Pagaran Honas.

Setibanya di lokasi, Anda harus memarkirkan kendaraan yang telah disediakan oleh penduduk sekitar. Selanjutnya sudah bisa memasuki wisata air terjun Aek Bontar dengan berjalan kaki sekitar 15-20 menit.

Anda akan disambut pepohonan nan rindang dan akses jalan yang masih bertanah liat. Ingat, Anda juga harus mempersiapkan perlengkapan seperti sepatu gunung ataupun sendal yang tidak licin karena jalan yang terjal menurun ke bawah.

Nah, mendekati air terjun, Anda akan mendengarkan suara khas gemercik air terjun yang membuat kita tidak sabar ingin cepat menuju spot pemandian dan berswafoto bersama sanak saudara dan juga teman-teman.

Sesampainya di lokasi, Anda akan dimanjakan dengan suasana yang hening dan tenang. Letih yang dirasakan saat menuju air terjun ini akan terbayarkan dengan pemandangan nan indah dan asri.

Air terjun Aek Bontar ini memiliki ketinggian kurang lebih 20 meter dan luas kolamnya kurang lebih 15 meter persegi. Di pemandian air terjun ini, Anda bisa merasakan suasana yang sejuk dan sensasi air yang dingin.

Bagi anda yang pandai berenang, bisa bermain di bawah air terjun atau di aliran sungainya. Namun bagi yang tidak pandai berenang, pastikan memiliki pelampung, karena air terjun ini memiliki debit air yang cukup dalam.

Dibya salah satu pengunjung mengatakan, ia merekomendasi air terjun Aek Bontar ini bagi pelancong jika kebingungan menghabiskan waktu untuk liburan. “Saya tau air terjun ini dari teman saya, karena saya lihat foto-fotonya bagus. Saya jadi penasaran dan datang langsung ke sini,” ungkapnya, Minggu (17/10/2021).

Pengunjung lainnya, Mirna mengatakan jika objek wisata air terjun ini memiliki keindahan yang memikat mata, dan sangat disayangkan jika tidak mengunjunginya di saat liburan.

“Pemandangannya sangat asri, airnya juga sangat jernih terbayarkanlah capeknya menuju air terjun ini,” aku Mirna.

Nah, bagi anda yang suka swafoto atau yang hobi eksplorasi, tempat ini paling cocok buat kamu. (dod)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *