Kabar Baik, BMKG Sebut Tak Ada Potensi Gempa Besar di Taput Pasca Gempa Magnitudo 6,0

  • Whatsapp
Foto: Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho.

SNT, Taput – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan tidak ada potensi gempa besar di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara, pasca gempa berkekuatan magnitudo 6.0, yang terjadi pada Sabtu (1/10/2022) dini hari lalu.

Demikian disampaikan Kepala Balai Besar BMKG Wilayah I Medan, Hendro Nugroho, kepada awak media di Kantor Bupati Taput di Tarutung, Senin (3/10/2022).

Bacaan Lainnya

“Perhitungan kami sampai hari keempat, magnitudo magnitudo nya sudah 2,3 dan 2,3 gitu. Kemungkinan tujuh hari terakhir itu,” katanya.

“Nah, apakah ada gempa besar yang akan terjadi kemudian, menurut pengalaman, tidak ada. Tapi gempa, sekali lagi tidak dapat diprediksi. Kita hanya berharap penurunan tren itu memungkin gempa besar tidak akan terjadi,” ungkap Hendro.

Kendati demikian, Hendro menyebut harus tetap meningkatkan kewaspadaan karena indikasi bencana itu sewaktu waktu bisa terjadi gempa di Sumatra Utara.

“Kita harus menyadari bahwa daerah kita rawan gempa. Kita harus sadar, setiap masyarakat di Sumatera ini harus sadar. Ada subduksi lempeng, ada sesar sesar sumatera,” katanya.

“Mitigasinya adalah bahwa yang pertama itu sosialisasi harus terus berlangsung, edukasi terhadap masyarakat harus terus berlangsung oleh semua pihak,” imbau Hendro. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *