Detik-detik Taput Diguncang Gempa Magnitudo 5,0 Terekam CCTV, Warga Panik dan Berhamburan Keluar Rumah

Foto: Screenshot video rekaman CCTV memperlihatkan kepanikan warga di dalam rumah saat gempa terjadi.

SNT, Taput – Gempa susulan masih terus terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara, sejak gempa utama berkekuatan magnitudo 6.0 pada Sabtu (1/10/2022) dini hari lalu. Gempa berkekuatan magnitudo 5.0 kembali terjadi di daerah itu, Jumat (7/10/2022) dini hari tadi, sekitar pukul 03.00 WIB.

Warga yang sedang lelap tertidur, langsung bangun dan berhamburan keluar rumah sambil menggendong anak kecil untuk menyelamatkan diri. Guncangan gempa yang terjadi tersebut terlihat jelas sebagaimana hasil rekaman CCTV di dalam rumah warga. Tampak bangunan rumah bergoyang.

Bacaan Lainnya

Ternyata gempa susulan pun masih terus terjadi pasca magnitudo 5.0 tersebut, namun skala kekuatannya bervariasi. Pun demikian, guncangannya sangat dirasakan warga di dalam rumah. Sementara warga yang sudah mulai melakukan aktivitas di perkantoran dan tempat tempat lainnya, juga berhamburan keluar rumah untuk keselamatan. Seperti terlihat di sejumlah jalan di pusat Kota Tarutung, Taput.

Heriman Silalahi warga Tarutung mengatakan, gempa susulan masih terus terjadi sejak pukul 03.00 WIB dini hari. “Iya Lae masih terjadi gempa susulan, tapi pelan pelan,” katanya kepada SNT.

Belum diperoleh informasi lebih lanjut apakah ada bangunan rumah dan gedung perkantoran yang mengalami kerusakan pasca gempa tersebut. Begitu juga terkait apakah ada korban jiwa dampak gempa susulan yang kembali mengguncang daerah yang dijuluki sebagai Kota Wisata Rohani itu.

Kepala BPBD Tapanuli Utara, Bonggas Pasaribu yang dihubungi, belum berhasil diminta keterangan melalui selulernya. (SNT)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *