Saksikan F1 Powerboat, Jokowi: Masih Banyak yang Perlu Dibenahi di Danau Toba

Jokowi di Toba
Presiden Jokowi saat menyalami pembalap F1 Powerboat Danau Toba. (Ist)

TOBA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyaksikan balapan F1 Powerboat di Danau Toba, Balige, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. Jokowi pun mengapresiasi ajang internasional ini.

“Ya saya bicara apa adanya ya. Ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini, dan kita harapkan event-event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah, di sini di Danau Toba ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E, nanti di Mandalika ada Superbike,” kata Jokowi kepada awak media di Balige, Minggu (26/2/2023).

Presiden Jokowi berharap balapan F1 Powerboat ini bisa memacu pertumbuhan ekonomi. Ke depan lanjut Jokowi, di kawasan Danau Toba akan muncul pembangunan hotel hingga restoran di kawasan tersebut. “Saya kira ini akan men-trigger ekonomi di daerah. Sangat bagus sekali,” katanya.

Kendati demikian, Jokowi mengakui masih banyak kekurangan infrastruktur dan lainnya yang harus diperbaiki di kawasan Danau Toba.

“Masih banyak yang perlu kita perbaiki di wilayah Danau Toba ini. Infrastrukturnya, terminal airport-nya. Yang untuk F1 Powerboat ini saja masih banyak kekurangan yang harus kita perbaiki. Jadi saya kira semuanya butuh waktu, semuanya butuh proses, tidak langsung ujug-ujug, oh ini ternyata jalannya kurang gede, oh apron untuk parkir pesawat ternyata juga kurang gede,” terang Jokowi.

Jokowi mengungkapkan keinginannya membawa ajang Formula 1 ke Indonesia. Dia menuturkan saat ini pemerintah masih dalam tahap penjajakan untuk membawa F1 ke Indonesia.

“Ya semua kita jajaki, karena akan membawa brand-brand kuat seperti F1 Powerboat. Ini juga tidak mudah. Kita juga ingin menarik Formula 1 untuk masuk ke Indonesia, mungkin tahun depan. Ini baru penjajakan, baru menyiapkan tim untuk menuju ke sana,” paparnya.

Untuk diketahui, Kejuaraan Dunia F1H2O adalah seri internasional unggulan dari perahu balap dengan satu kursi yang digelar oleh Union Internationale Motonautique (UIM). F1H2O ini diikuti 10 tim dengan 20 pembalap dari 6 negara.

Pada ajang F1 Powerboat (F1H20) di Danau Toba, Minggu (26/2/2023) Pembalap Stromoy Racing asal Polandia, Bartek Marzalek juarai Race I putaran pertama. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *