Rini, Siswi SMK Negeri 1 Lumut Tapteng Raih Juara 1 Karate Tingkat Internasional

Rini Defrianti Zebua
Rini Defrianti Zebua bersama Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lumut dan sejumlah pelajar berprestasi lainnya saat ditemui di sekolahnya.

TAPTENG – Rini Defrianti Zebua siswi SMK Negeri 1 Lumut, mengharumkan nama Indonesia secara khusus Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatra Utara (Sumut), setelah berhasil menyabet juara I cabang olahraga karate tingkat internasional di Kuala Lumpur, Malaysia, bulan Juni 2023 lalu.

Rini berhasil menyabet juara ini di ajang 22nd Milo International Open Karate Championship Series II tahun 2023 di kelas 62 kilogram.

Bacaan Lainnya

Ditemui di sekolahnya, siswi kelas XII yang murah senyum itu mengakui untuk menjadi sang juara di ajang itu, ia harus bekerja keras hingga babak final yang berhasil menumbangkan lawan tandingnya dari berbagai negara, mulai dari negara China, India dan Malaysia.

Selain itu, Rini juga mengungkapkan sudah berulang kali menyabet juara 1 di cabang olahraga karate, baik tingkat kabupaten, provinsi dan nasional. Pada November 2023 lalu, ia menyabet juara 1 karate antar pelajar tingkat pelajar SMA se-Indonesia diselenggarakan oleh Yaspi Championship Series II, di kelas 66 kilogram, di Cibubur, memperebutkan Piala Kemenpora RI.

Rini bercerita bagaimana prestasi itu ia peroleh. Berawal setelah duduk di bangku sekolah SMK Negeri 1 Lumut.

“Awalnya saya mengikuti ekstrakurikuler karate mulai kelas satu SMK, dan pertama kali saya mengikuti pertandingan itu di Medan, lalu ke Surabaya, dan selanjutnya ke tingkat internasional di Kuala Lumpur Malaysia,” ungkapnya, Rabu (20/12/2023).

Saat tanding di Malaysia, Rini mengakui berhadapan dengan lawannya dari berbagai negara. “Orang India ada, China serta Malaysia juga,” katanya.

Ditanya soal persiapannya bertanding di kancang internasional, Rini mengaku tidak banyak latihan yang diterima dari sang pelatih di sekolahnya. “Persiapannya begitu singkat, latihannya pun agak jarang. Jadi lebih banyak saya mempersiapkan diri sendiri,” jelasnya.

Rini Defrianti Zebua 1
Rini Defrianti Zebua didampingi gurunya menunjukkan piagam dan medali yang berhasil ia raih pada pertandingan cabang olahraga Karate di Malaysia pada bulan Juni 2023 lalu.

Namun ia menyampaikan, prestasi yang didapatnya tidak lepas dari dukungan dari keluarga dan pihak sekolah, sehingga dapat meraih juara 1. “Terima kasih kepada bapak Kepala Sekolah dan pembimbing saya yang ikut menemani saya bertanding di luar negeri, serta kepada keluarga yang juga turut mendukung saya mengikuti pertandingan,” ucap Rini.

Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Lumut, Sumarno menyampaikan apresiasi kepada anak didiknya yang berprestasi ini.

“Terima kasih kepada Rini sudah mencetak prestasi dan membawa nama harum sekolah kita ini di tingkat internasional,” ucapnya.

Sumarno menambahkan, selain Rini, sejumlah anak didiknya di SMK Negeri 1 Lumut juga meraih prestasi di kabupaten dan provinsi pada cabang olahraga silat. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *