Pria Paruh Baya Tenggelam di Danau Toba

IMG 20240307 WA0064
Jasad korban dievakuasi Tim SAR Gabungan dari Danau Toba. (FOTO: Basarnas)

DANAU TOBA – Robin Simanjorang (56) warga Jalan Lae Tanggiang, Desa Paropo, Kecamatan Salahisabungan, Kabupaten Dairi, Sumatra Utara (Sumut) ditemukan tewas di Danau Toba, Kamis (7/3/2024).

Koordinator Pos SAR Parapat Danau Toba, Hisar Turnip mengatakan sebelumnya korban dinyatakan hilang dan tenggelam di Danau Toba, pada Selasa (5/3/2024) lalu.

Bacaan Lainnya

“Berdasarkan informasi yang diterima dari pelapor, awalnya korban berencana berenang untuk mengambil drum yang berada di air Danau Toba. Kemudian diduga korban yang memiliki riwayat asam urat tiba-tiba kambuh sehingga menyebabkan kaki korban kram dan tidak sanggup berenang ke tepi hingga korban tenggelam,” kata Hisar.

Menurutnya, pascakejadian warga sekitar dan pemerintah setempat telah melakukan pencarian, namun tak kunjung menemukan Robin Simanjorang.

Hisar Turnip menerangkan, setelah menerima laporan kejadian itu dari warga, Rabu (6/3/2024) malam, Pos SAR Parapat Danau Toba memberangkatkan 1 tim Personel berjumlah 6 (enam) orang menggunakan RIB (Regead Inflatable Boat) menuju Desa Paropo untuk melakukan pencarian terhadap korban.

“Personel kita membawa peralatan Water Rescue seperti alat selam dan Aqua Eyes. Pencarian dimulai sejak pagi dengan melakukan penyelaman dan pencarian dengan menggunakan alat pendeteksi sonar di bawah air (Aqua Eyes) dari Pos SAR Parapat Danau Toba,” jelas Hisar.

IMG 20240307 WA0063

Sebelum dilakukan penyelaman, tim terlebih dahulu melakukan pencarian menggunakan Aqua Eyes, kemudian dilakukan dengan penyelaman di sekitar lokasi korban tenggelam di kedalaman 48 meter.

“Korban akhirnya berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia sekitar pukul 14.28 WIB tidak jauh dari lokasi korban dinyatakan tenggelam. Ditemukan dalam keadaan mengapung setelah sebelumnya tim melakukan manuver menggunakan LCR di sekitar lokasi, dan selanjutnya korban langsung dievakuasi dan diserahkan kepada pihak keluarga,” Hisar Turnip menambahkan. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *