Pemkab Tapteng Laksanakan Bimtek Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup

IMG 20240516 WA0007
Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Bimtek Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT - LH), yang dilaksanakan di Tuktuk Room PIA Hotel Pandan, Pada Senin (13/05/2024).

PANDAN – Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah (Pemkab Tapteng) melalui Dinas Lingkungan Hidup melaksanakan Bimtek Penyusunan Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup (DDDT – LH), yang dilaksanakan di Tuktuk Room PIA Hotel Pandan, Pada Senin (13/05/2024).

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Tapteng, Erwin Hotmansah Harahap. Dilaksanakan selama 5 hari sejak tanggal 13 – 17 Mei 2024.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Erwin Harahap menyampaikan bahwa Tofografi Kabupaten Tapteng berbeda dengan daerah lain.

“Garis pantai di Kabupaten Tapteng sekitar lebih kurang 200 KM dan datarannya rata rata 3 KM, selebihnya itu daerah yang menanjak dan perbukitan. Dengan Tofografi ini jadi perlu banyak dilakukan kajian kajian lingkungan yang harus kita perbuat sehingga pembangunan Kabupaten Tapanuli Tengah bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

“Kami juga sudah memulai rencana pembangunan jangka panjang daerah, yang mana dalam rencana itu kita juga sudah mempersiapkan kajian lingkungan hidup strategis. Sehingga dengan Kegiatan ini KLHS Kabupaten Tapanuli Tengah bisa berkelanjutan dalam pelaksanaan RPJMD,” jelas Erwin Harahap.

Kadis Lingkungan Hidup Tapteng Erniwati Batubara melaporkan bahwa bimbingan teknis penyusunan dokumen Daya Dukung dan Daya Tampung Lingkungan Hidup Kabupaten Tapteng menjadi salah satu dokumen penting untuk mendukung penyusunan KLHS RPJPD Kabupaten Tapteng tahun 2025 2045 dan KLHS RPJMD Kabupaten Tapteng tahun 2025 – 2029 serta penyusunan KLHS revisi RTRW Kabupaten Tapteng tahun 2013 – 2033 yang sedang dikerjakan.

“Sehingga kami berharap agar dokumen daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup Kabupaten Tapanuli Tengah tahun 2024 yang akan disusun ini merupakan kajian yang terbaik untuk perencanaan pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah yang semakin baik dan berwawasan lingkungan,” jelasnya.

Turut dihadirkan Narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, Asep Perry M. Athoriez, Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Penatagunaan Hutan, Muhammad Isa Nasution, Imelda Elisabeth Silaban.

Acara ini juga dihadiri Plt Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kadis Lingkungan Hidup Tapteng, Kadis Kelautan dan Perikanan Tapteng, Kepala Bappeda Tapteng, serta perwakilan dinas teknis terkait. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *