oleh

Tengku Erry Antarkan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah Mendaftar ke KPU

SMARTNEWSTAPANULI.COM, MEDAN – Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Ijeck) mendaftar sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur Sumut ke KPU Sumut, Senin (8/1/2018).

Pada pendaftaran Paslon, terlihat Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi turut mengantarkan paslon yang didukung oleh Golkar, Gerindra, NasDem, PAN dan PKS ini.

Sebelum tiba di kantor KPU Sumut sekitar pukul 11.15 WIB, Paslon Edy dan Musa diarak menaiki becak bermotor dari Lapangan Merdeka menuju kantor KPU Sumut.

Dari pantauan wartawan di kantor KPU Sumut, pendaftaran paslon ini terkesan lamban. Bahkan proses pemeriksaan berkas sempat terhenti, hal ini dikarenakan adanya berkas dokumen pason yang kurang.

Kemudian Tim Edy-Ijeck harus memfotokopi seluruh dokumen sesuai dengan aturan PKPU No 1/2017 Pasal 45 ayat 1, seharusnya seluruh dokumen diserahkan rangkap dua.

“Proses ini kita hentikan sampai seluruh dokumen dilengkapi,” kata Ketua KPU Sumut, Mulia Banurea.

Mulia mengatakan, kelambatan proses pendaftaran sepenuhnya terjadi karena berkas atau dokumen syarat calon serta syarat pencalonan yang diserahkan tim Edy-Ijeck kepada komisioner KPU hanya rangkap satu.

“Seharusnya rangkap dua, sehingga harus di foto kopi karena itu sesuai dengan aturan,” ujarnya.

Usai pendaftaran paslon, Gubernur Sumut, Tengku Erry Nuradi yang terpantau ikut mengantarkan pasangan Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Ijeck) ketika dimintai keterangannya mengatakan, kehadirannya di kantor KPU Sumut dalam posisi sebagai Ketua DPD Partai Nasdem Sumut.

“Hari ini kehadiran saya sebagai ketua partai pengusung. Kalau saya hanya menjalankan mekanisme demokrasi karena kita partai pengusung maka kita harus ikuti mekanisme partai untuk mendaftarkan paslon yang diusung oleh partai yaitu pak Edy,” kata Erry. (sn/int)

Komentar