Tapteng Target 13.776 Akseptor KB di Tahun 2018

  • Whatsapp
Ketua TP PKK Tapteng meninjau pelaksanaan program KB di RSUD Pandan.

SMARTNEWSTAPANULI.COM, TAPTENG – Dalam menekan laju pertumbuhan penduduk, Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PP dan KB) Tapteng menargetkan 13.776 akseptor KB baru pada 2018 bagi pasangan usia subur.

Untuk mengejar target ini, Dinas PP dan KB berharap dukungan dan kerja sama dari Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Tapteng sehingga pelayanan kepada masyarakat semakin dekat.

Hal ini disampaikan Kadis PP dan KB Tapteng Arta Siregar SPd pada pencanangan Bulan Bhakti Kesatuan Gerak IBI KB-KES Tapteng 2018, di GOR Pandan, Kamis (25/1/2018).

Dia menambahkan, target perkiraan permintaan masyarakat (PPM) pada kegiatan bulan bhakti 55.746 calon akseptor, dan target PPM di kecamatan sebanyak 7.346 calon akseptor.

Ketua IBI Tapteng Norika Situmorang SKM mengatakan kabupaten Tapteng saat ini membutuhkan berbagai kebijakan untuk memperkuat program KB.

Terutama menggunakan kontrasepsi metode jangka panjang, tujuannya mengontrol angka kelahiran dan ini merupakan salah satu faktor yang berkontribusi pada penurunan angka kematian ibu yang melahirkan.

Ketua TP PKK Tapteng Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani meminta agar penerapan pelayanan bidan dan penyuluh KB di kecamatan semakin ditingkatkan.

“Berikan pelayanan yang baik kepada masyarakat khusus bagi ibu yang akan melahirkan agar diarahkan kepada persalinan normal dengan jumlah anak cukup dua orang,” ujarnya.

Dikatakan, biaya persalinan dengan operasi lumayan mahal dan sangat berisiko. Untuk dapat menyampaikan informasi ini peran bidan dan penyuluh KB di lapangan sangat diharapkan.

“Beri arahan dengan baik dan benar sehingga masyarakat paham dan mengerti akan program yang sedang dicapai saat ini,” katanya. (Job Purba)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *