Penyebab Perut Terasa Sakit Saat Olahraga Lari

  • Whatsapp
ilustrasi olahraga lari. Foto: doktersehat.com.

SMARTNEWS, KESEHATAN – Bagi banyak orang, olahraga berlari mungkin masih menjadi olahraga favorit. Tidak dapat dipungkiri bahwa olahraga ini mampu menurunkan berat badan dengan efektif, namun sangat mudah untuk dilakukan tanpa menghabiskan banyak biaya.

Seperti tertera dilaman Livestrong menyebut berlari sebagai olahraga yang paling efektif dan sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang menjalankan program diet selain berenang.

Namun berlari juga bisa memberikan efek samping tersendiri bagi kesehatan. Misalnya, kita berisiko mengalami cedera otot atau terpeleset.

Selain itu, banyak orang yang mengeluhkan munculnya sensasi sakit pada perut bagian samping saat melakukannya. Sakit perut ini tentu akan membuat kita tidak berlari dengan maksimal dan bahkan bisa memicu sensasi mual-mual.
Pakar kesehatan menyebut kondisi ini bisa saja dipicu oleh banyak hal. Sebagai contoh, jika sebelum berlari kita mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang banyak sehingga perut menjadi penuh. Selain itu, kita juga lebih beresiko mengalami hal ini jika kurang pemanasan sebelum berlari atau kurang minum sehingga mengalami dehidrasi.

Dengan fakta tersebut, ada baiknya kita tidak mengonsumsi makanan dengan berlebihan sebelum melakukan olahraga lari agar tidak mengalami sensasi perut sakit.

Selain itu, pastikan untuk selalu melakukan pemanasan demi mencegah datangnya cedera. Jangan lupa pula untuk selalu menggunakan peralatan olahraga seperti pakaian yang nyaman dan sepatu. Dianjurkan untuk tidak memakai sandal atau bahkan bertelanjang kaki yang bisa membuat kaki rentan terluka. Selain itu, ada baiknya tidak memakai jaket karena justru meningkatkan risiko terkena heat strokesaat berlari yang bisa menyebabkan kepala pusing atau bahkan jatuh pingsan. (doktersehat.com)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *