oleh

Prajurit Kodim 0205/TK Nyatakan Netral di Pilkada Serentak 2018

Smart News Tapanuli, TANAH KARO – Jelang Pilkada Serentak 2018 di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) Kodim 0205/TK melaksanakan penandatangan Fakta Integritas Netralitas TNI yang dipimpin langsung oleh Kodim 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, SE, Senin, (12/2/2018) pukul 09.00 WIB dilapangan Makodim 0205/TK Jalan Jamin Ginting, Desa Raya, Kecamatan Berastagi, Kabupaten Tanah Karo.

Acara ini turut dihadiri oleh Kapolres Tanah Karo AKBP Benny Remus Hutajulu, Danyon 125 /SMB Letkol Inf Victor Andhyka Tjokro , Ketua KPU, Benyamin Pinem, ST, MM dan Ketua Panwaslih Kabupaten Tanah Karo, Eva br Pandia, SH.

Pada kesempatan ini dirangkai acara penyerahan buku saku netralitas TNI yang diwakili oleh 9 (sembilan) Danramil sejajaran Kodim 0205 /TK.

Komandan Kodim 0205 /TK Letkol Inf Taufik Rizal, S.E dalam sambutannya menyatakan seluruh prajurit TNI Kodim 0205 /TK benar – benar netral pada Pilkada Tahun 2018.

“Kami berdiri di atas kepentingan rakyat dan tugas kami adalah membantu Polri, KPU dalam pengamanan Pilkada. Kepada seluruh prajurit Kodim 0205/TK Jangan main-main dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, “ tegas Dandim.

Usai sambutan Dandim kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan integritas TNI, yang berbunyi, prajurit TNI bersikap menjungjung tinggi netralitas TNI dalam Pemilukada Serentak 2018 yakni mengamankan pelaksanaan Pemilukada sesuai tugas dan fungsi bantuan TNI kepada Polri, netral dengan tidak memihak dan memberikan dukungan kepada salah satu pasangan calon, tidak melibatkan diri dan penggunaan pangkalan dalam rangkaian kegiatan Pemilukada, tidak menggunakan hak memilih dalam Pemilukada, melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai Komandan satuan seperti dalam butir ke empat dalam Buku Saku Netralitas TNI, melaksanakan pelarangan bagi prajurit di satuan selama proses Pemilukada sesuai tertera dalam butir ke lima Buku Saku Netralitas TNI.

Prajurit Kodim 0205/TK menyatakan siap dituntut sesuai dengan hukum yang berlaku apa melanggar ketentuan dalam surat pernyataan diatas. (ril Penrem023)

Komentar