oleh

Tiarap Dilantai, Ketahuan Juga Hingga Pria Ini Nyaris Bonyok Dimassa di Pasar Baru

Sibolga – Seorang pria bertato diamuk massa di Jalan Bringjen Katamso, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sibolga Kota, Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut), Rabu, (18/4/2018) pagi.

Pria bertato ini diketahui bernama Jumsen Simanungkalit (38) warga Jalan Mawar, Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara. Jumsen kepergok diduga hendak mencuri sarang burung walet.

Aksi Jumsen kemudian diketahui oleh Indra seorang penjaga malam di Kelurahan Pasar Baru. Saat itu, Indra sedang melakukan patroli guna memantau situasi Kamtibmas di daerah itu sekitar pukul 02.00 WIB dinihari.

Namun disekitaran satu unit gedung sarang walet, Indra melihat ada seutas tali parabola terjulur panjang dibagian depan gedung sarang walet.

“Melihat ada seutas tali terjulur panjang didepan gedung, para penjaga malam ini lapor kepada saya. Malam itu kami secara bersama-sama melakukan pengawasan sekitar gedung. Kami pantau dan tunggu sampai pagi hari.

Setelah pagi, kami masuk kedalam gedung, dan kami melihat pintu lantai tiga terbuka dan peralatan seperti, mesin bor, palu martil, tali dan jangkar kecil terletak di atas lantai,” ujar Indra.
Karena menaruh curiga, kemudian seluruh ruangan gedung diperiksa.

“Kami periksa seluruh ruangan gedung. Akan tetapi tidak nampak satu pun orang yang kami curigai di dalam gedung. Kami berfikir kalau pelakunya malam itu sudah kabur dari dalam gedung.

“Karena merasa sudah ketahuan kami awasi, mungkin pelaku sudah kabur meninggalkan gedung sarang walet. Setelah itu kami keluar dari dalam gedung, saat kami turun kami melihat sesosok bayangan pria sedang mengendap-ngendap tiarap dilantai. Persis dibalik pot bunga besar yang ada di samping gedung. Lalu kami datangi, dan ternyata ada seorang laki-laki sedang mengalami kesakitan,” jelasnya, seraya menambahkan kalau pria yang ditemukan ini adalah yang masuk ke dalam gedung untuk mencuri sarang walet.

Masih kata Indra, saat ditemukan, Jumsen merintih kesakitan.

“Kemungkinan kaki dan tulang pinggangnya patah, diduga pria tersebut melompat dari lantai 3 untuk melarikan diri. Mungkin karna ketahuan aksinya, dia melompat dari lantai gedung,” tuturnya.

Tidak berapa lama kemudian, petugas Polres Sibolga yang sedang patroli, melintas ditempat kejadian dan mengamankan pelaku.

Terpisah, Kapolres Sibolga AKBP Edwin H Harianja melalui Kasat Reskrim AKP Agus Adhitama membenarkan bahwa telah diamankan seorang pria yang diduga hendak melakukan pencurian di gedung sarang walet.

“Ini masih dugaan sifatnya, karna di TKP kita temukan peralatan seperti mesin bor, palu, martil, tali dan jangkar kecil yang terletak dilantai rumah dekat sarang wallet, dan di duga kuat adalah alat untuk mengambil sarang walet,” kata Agus Adhitama.

Agus membenarkan, bahwa terduga pelaku pencurian tersebut masih dirawat di rumahsakit.

“Karna saat diamankan dari amukan massa, terduga pelaku masih mengalami luka berat. Karena di duga jatuh dari lantai 3 gedung sarang walet. Hingga saat ini, pria tersebut belum bisa bicara, dan penyelidikannya tetap berjalan,” ucap Dia.

Pelaku yang diduga mencuri sarang walet saat diamankan dari amukan massa di Jalan Brigjen Katamso, Kota Sibolga. (ril)

Komentar