oleh

Bisnis Kedai Kopi Tumbuh Subur di Sibolga

Sibolga – Beberapa tahun terakhir usaha kedai kopi di Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) bertumbuh subur. Terdapat puluhan kedai kopi yang tersebar di pusat kota.

Para penikmat kopi dapat memilih ingin mencicipi kopi di mana saja sesuai selera. Bisnis kedai kopi di Kota Sibolga saat ini semakin kompetitif ditandai dengan munculnya puluhan kedai kopi baru.

Selain 7 kedai kopi yang sudah lama dan masih bertahan sampai saat ini di antaranya, Kedai Kopi Bali, Hotel Pasar Baru, Kedai Kopi Tekson, Buffet Horas, Kedai Kopi Sedar, Kedai Kopi Top, dan Kedai Kopi Josep.

Terdapat pula 13 kedai kopi yang terbilang masih baru muncul di Kota Sibolga, di antaranya, Hens Coffee, Rajo Coffee, Kedai Kopi Koktong, Kabayan Kafe, Kedai Kopi Kawan Lamo, Brother Coffee, Kopi Mamak Classic, Hoki Smoke, Lotus Pujasera, Kings Coffee, Kedai Kopi Bahagia, Kedai Pangsit & Kopi Alun dan Kedai Kopi Poreman.

Kedai kopi yang baru bermunculan ini membawa konsep berbeda, mulai dari tampilan interior kedai kopi yang nyaman, hingga tata cara penyajiannya. Tentunya, beragam konsep dan inovasi itu dikemas untuk dapat menarik minat pengunjung.

Kopi yang disajikan pun semakin beragam dan semuanya merupakan komoditas kopi nusantara. Mulai Kopi Lintong Ni Huta, Kopi Gayo Aceh, Kopi Sidikalang, Kopi Toraja, Kopi Mandailing, Kopi Kerinci, Kopi Berastagi, dan lainnya.
Semua jenis kopi ini disajikan oleh Barista yang bekerja di kedai kopi.

Berbeda dengan kopi konvesional (biasanya disebut kopi saring, kopi tiam dan lainnya, red), di beberapa kedai kopi yang baru ini Barista mengolah langsung biji kopi menjadi minuman siap saji.

Untuk dapat menikmati biji kopi nusantara yang disajikan oleh Barista, berikut ini beberapa pilihan lokasinya. Anda dapat mengunjungi Kopi Mamak Classic di Jalan Horas Sibolga.

Anda juga dapat berkunjung di Rajo Coffee di Jalan Thamrin, Kabayan Kafe dan Brother Coffee di Jalan SM Raja, dan Kedai Kopi Kawan Lamo di Jalan Albertus.

Di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat, kedai kopi yang sudah lama berdiri menyajikan minuman kopi konvensional juga terlihat masih ramai pengunjungnya. Sepertinya kedai kopi tersebut memang memiliki pelanggan “fanatik”.

Pengunjungnya pun beragam dari semua kalangan, mulai kaum muda yakni pelajar dan mahasiswa hingga orangtua dari latarbelakang pekerjaan yang berbeda.

Deny Aprilsyah Lubis, seorang penikmat kopi di Sibolga mengaku dirinya bangga di Kota Sibolga sekarang terdapat banyak kedai kopi yang menyajikan beragam komoditas kopi nusantara berkualitas.

“Setiap hari saya minum kopi, tetapi saya lebih memilih kopi yang disajikan Barista, karena kita bisa melihat atau menyaksikan biji kopi langsung diolah menjadi minuman siap saji,” ujar Deny Aprilsyah Lubis kepada wartawan, Jumat (20/4/2018).

Dia mengaku sudah mencicipi atau mencoba semua biji kopi nusantara ini di beberapa kedai kopi di Kota Sibolga. Aroma dan rasanya memang berbeda, tergantung asal kopinya dari mana saja, ada yang pahit, ada juga yang sedikit asam.

“Biasanya saya minum kopi ini tidak pakai gula, sehingga saya dapat mengetahui keaslian rasa kopinya,” ucap Deny. (ril)

Komentar