TP PKK Tapteng Gelar Supervisi Desa Percontohan

  • Whatsapp
Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng), Sumatera Utara melaksanakan supervisi Desa Percontohan di kecamatan. Kali ini, kunjungan supervisi TP. PKK untuk Desa Percontohan di Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik dilaksanakan di ruang Rapat Kantor Lurah Pasir Bidang, Kamis (19/4/2018). FOTO: Kominfo.

Sarudik – Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tapanuli Tengah (Kab. Tapteng), Sumatera Utara melaksanakan supervisi Desa Percontohan di kecamatan. Kali ini, kunjungan supervisi TP. PKK untuk Desa Percontohan di Kelurahan Pasir Bidang, Kecamatan Sarudik dilaksanakan di ruang Rapat Kantor Lurah Pasir Bidang, Kamis (19/4/2018).

Kegiatan supervisi itu dibuka oleh Camat Sarudik Rahmadiyah Hanum SE MM di dampingi Ketua TP PKK Kab. Tapteng NY. Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani diwakili oleh Wakil Ketua Ny. Juli Darwin Sitompul dan Lurah Pasir Bidang Patar Hamonangan Manik, SE.

Bacaan Lainnya

Dalam sambutannya, Ny. Juli Darwin Sitompul mengucapkan terima kasih kepada ibu-ibu dan seluruh peserta yang telah hadir. Tim TP PKK Kab. Tapteng melakukan supervisi bersama dinas instansi teknis terkait sehingga lebih efektif dalam mewujudkan maksud dan tujuan memberhasilkan desa percontohan di Tapteng.

“Kita berharap apa yang disampaikan dan masukan yang diperoleh dapat dicermati. Tim PKK bersama dinas teknis untuk meminta apa yang menjadi penunjang desa percontohan ini. Kiranya pertemuan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Kenakalan remaja banyak kita saksikan pada saat sekarang ini. Kita sebagai ibu-ibu agar lebih peka terhadap anak. Kita sebagai ibu agar dapat membina anak kita, memberikan pendidikan moral dan pendidikan anak yang baik dengan motto pola asuh anak remaja. Semoga kita semua diberi kesehatan dan supervisi ini semakin bermanfaat,” kata Ny. Juli Darwin Sitompul.

Sementara itu, Lurah Pasir Bidang mengatakan Kelurahan Pasir Bidang sangat bersyukur dan berterima kasih ikut serta lomba desa percontohan serta mengharapkan bimbingan dalam memberhasilkannya.

“Kelurahan Pasir Bidang sangat bersukur dan berterimah kasih atas kunjungan dan supervisi Tim TP PKK Kabupaten Tapanuli Tengah, juga dapat ikut dalam lomba Desa Percontohan tingkat kabupaten. Kami harapkan bimbingan Ibu TP PKK Kabupaten Tapanuli Tengah dan instansi dinas yang berhadir di acara ini,” kata Patar Hamonangan Manik.

Patar mengungkapkan seluruh jajaran Kelurahan Pasir Bidang dan masyarakat memberikan yang terbaik.

“Kepada tim PKK Pasir Bidang agar lebih semangat dan tetap semangat untuk membina anak-anak remaja agar tidak terlibat narkoba. Untuk menghindari narkoba dan berbagai kenakalan remaja dapat dilakukan dengan cara kegiatan positif, seperti olahraga dan kegiatan keagamaan,” ucapnya.

Camat Sarudik juga mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan Ibu TP PKK Kabupaten Tapanuli Tengah beserta jajarannya. Anak-anak muda generasi penerus bangsa menjadi contoh pembinaan bagi anak remaja. Mohon bantuan kepada Tim TP PKK Kecamatan Sarudik. Kita dapat jadi contoh di Kelurahan Pasir Bidang di Kecamatan Sarudik.

“Saya harap kita di Kelurahan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik lebih bersemangat mewujudkan Desa Percontohan ini dengan tema Pola Asuh Anak Remaja sehingga dengan prestasi dapat kesempatan bertanding di tingkat Provinsi Sumatera Utara,” ujar Rahmadiyah Hanum.

Disebutkan, tim TP PKK Tapteng bekerja dibagi dalam beberapa kelompok untuk membina di beberapa kecamatan mulai Kamis, (19/4).

“Pada hari ini ada beberapa kelompok yang membina di kecamatan. Ada Tim TP PKK yang menghadiri supervisi di Kecamatan Badiri dan Tapian Nauli. Disini, kami yang hadir dari Pokja I Kabupaten Tapanuli Tengah. Desa ini sebagai Desa Percontohan. Semua hal terkait itu kita persiapkan. Di semua lingkungan, ada 7 kelompok remaja yang akan kader menunjang PKK di Kecamatan Sarudik ini”.

“Dan itu semua akan kita SK kan per lingkungan, kelompok apa saja yang ada. Kami harapkan instansi dinas terkait dapat menilai. Kita harus dapat mencegah kenakalan remaja, adanya kekerasan seksual maupun kenakalan remaja, dan KDRT,” ujarnya melanjutkan sambutan Ketua TP PKK Tapteng yang disampaikan oleh Wakil Ketua Ny. Juli Darwin Sitompul..

Lanjutnya, dengan kegiatan yang dilaksanakan bisa menjadi Juara di tingkat provinsi bahkan nasional.
Selanjutnya, narasumber TP PKK Kab. Tapteng, Ny. Tirza Antonius Hutabarat menyampaikan materi pola asuh anak remaja (PAAR).

“Jangan melakukan hubungan seksual sebelum nikah. Kita semua harus pandai menjaga diri khususnya bagi adik-adik yang merupakan penerus bangsa. Kita sama-sama melakukan pencegahan kejahatan seksual. Anak harus kita jaga,” katanya.

Kemudian, narasumber Tim TP PKK Tapteng Ny Hikmal Batubara memaparkan pencegahan KDRT dalam rumahtangga. Kelurahan Pasir Bidang yang nantinya ujung tombak diharapkan agar menjadi anak yang baik, karena mereka yang akan menjadi penerus bangsa.

“Ini akan menjadi tanggung jawab orang tua, tokoh agama, tokoh masyarakat, dan kita semua. Kenakalan remaja harus dicegah. Jadilah anak berkarakter. Godaan untuk anak sangat banyak. Untuk itu, kita mendekatkan diri kepada Tuhan menjadi beriman dan bertaqwa. Mari kita meluangkan waktu dengan hal-hal positif, misalnya olahraga,” pungkasnya.

Turut hadir mendampingi Tim TP PKK Tapteng, perwakilan OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah meliputi Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas PP dan Keluarga Berencana, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Dinas Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan Bagian Hukum Setdakab Tapteng.

Selain ke Kelurahan Pasir Bidang Kecamatan Sarudik, Tim TP PKK Tapteng melakukan supervisi ke Puskesmas Kecamatan Tapian Nauli, Desa Kebun Pisang Kecamatan Badiri, dan Kelurahan Sibuluan Raya Kecamatan Pandan.
Saat kunjungan Tim TP PKK Kab. Tapteng di Puskesmas Poriaha Kecamatan Tapian Nauli dilakukan Sosialisasi IVA Test.

Acara ini dihadiri oleh Camat Tapian Nauli Rinaldy Siregar SSos, Lurah dan Kepala Desa, PKK Kecamatan Tapian Nauli dan Desa/Kelurahan, serta dokter dan paramedis di Puskesmas Poriaha, tokoh masyarakat dan masyarakat. (ril/Kominfo)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *