oleh

VIDEO, Jalan Lintas Tengah Sumatera di Palas Amblas, Warga Bikin Jalan Alternatif

Palas – Jalan Lintas Tengah Sumatera di Desa Hutaraja Tinggi, Kecamatan Hutaraja Tinggi, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara, amblas hingga mengakibatkan jalur lalulintas putus.

Kejadiannya sudah berlangsung lima hari sejak, Minggu (22/4) malam lalu. Namun hingga kini belum mendapat perbaikan dari instansi yang terkait.

Kondisi jalan amblas ini diduga akibat tingginya curah hujan yang melanda kawasan sekitar, sehingga membuat kultur tanah menjadi labil.

Jalur lintas tengah Sumatera ini pun sempat lumpuh total dan tidak bisa dilalui. Ratusan kendaraan terlihat mengular menunggu adanya perbaikan.

Lampu penerangan jalan tidak ada, para pengendara yang melintas di malam hari pun tak ingin mengambil risiko dan terpaksa bersabar menunggu.

Pasca kejadian, warga setempat berinisiatif dan secara swadaya bergotong royong membuat jalur baru di sebelah badan jalan agar bisa dilalui kendaraan.

Seorang warga setempat Juli Siagian mengatakan kejadian jalan amblas sudah berlangsung cukup lama, sudah lima hari, namun belum ada perhatian dan perbaikan dari pihak pemerintah ataupun instansi yang berwenang.

“Kasihan ratusan kendaraan tidak bisa melintas. Warga di sini pun mengambil inisiatif gotong royong membikin jalur baru di sebelah badan jalan yang amblas itu,” ucap Juli diamini warga lainnya.

Setelah jalur baru selesai diperbaiki warga, satu demi satu kendaraan mulai dapat melintas dipandu warga agar tidak terperosok ke dalam lobang besar yang menganga akibat amblas.

Para pengendara mobil yang melintas di kawasan ini pun rela merogoh kocek sebagai partisipasi kepada warga setempat yang telah berinisiatif membangun jalur baru tersebut. (red)

Komentar