oleh

Danau Toba Ikon Pariwisata Nasional, Ini Objek Wisata yang Wajib Dikunjungi

Wisata – Danau Toba kini ditetapkan menjadi ikon pariwisata nasional setelah Bali. Sebagai salah satu danau terbesar di dunia, Danau Toba merupakan objek wisata andalan bagi Provinsi Sumatera Utara.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa objek wisata yang bisa Anda kunjungi di kawasan Danau Toba yang keindahan alamnya sangat mengagumkan dan sayang untuk dilewatkan begitu saja.

Parapat

Parapat merupakan tempat wisata yang cukup indah, di sini Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang memukau. Pemandangan ini dapat Anda nikmati sambil beristirahat di pinggiran Jalan Nasional Medan-Parapat.
Parapat berada di Girsang Sipangan Bolon Kabupaten Simalungun, akses perjalanannya sekira 4 hingga 5 jam dari Kota Medan.

Selain pemandangan yang luas, Anda juga bisa bersantai sembari minuman kopi dan menikmati makanan ringan di warung yang berjejer di sepanjang jalan.

Pulau Samosir

Pulau Samosir merupakan salah satu Kabupaten yang unik terletak di tengah Danau Toba. Objek wisata yang ditawarkan di sini cukup banyak, wisata alam dan wisata adat istiadat.

Bakkara

Bakkara merupakan nama daerah di Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan, di tempat ini Anda bisa berwisata alam dan melihat pemandangan Danau Toba yang menawan. Ada wisata memancing juga, kalau beruntung Anda bisa membawa ikan mujahir dan ikan mas dari tempat ini.

Pantai Lumban Silintong Balige

Pantai ini terletak di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Samosir. Lokasinya menarik dan layak dikunjungi. Anda bisa berjalan kaki di sepanjang bibir pantai, di sana Anda juga bisa berenang bersama keluarga. Ada tawaran wisata kuliner yang menggoyang lidah yakni makanan khas ikan bakar.

Pulau Sibandang

Pulau Sibandang berlokasi di Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Pulau ini merupakan pulau yang dikelilingi Danau Toba. Untuk menuju pulau ini Anda bisa menggunakan jasa perahu yang sudah tersedia. Pulau ini dihuni 1000-an kepala keluarga dan di sini banyak sekali buah mangga.

Tongging

Tongging adalah nama Desa di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo. Tongging juga merupakan tempat wisata yang menarik. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan Danau Toba yang eksotis dari ketinggian, anda bisa mengabadikan foto bersama dengan keluarga.

Pusuk Buhit

Pusuk Buhit merupakan perbukitan yang berada di Pulau Samosir. Cerita adat istiadat yang kental bisa didapatkan di daerah ini.

Menurut sejarah masyarakat di sana, bahwa di tempat inilah asal mula orang batak yang dinamakan Mula Jadinabolon.

Di tempat ini Anda juga disuguhkan pemandangan indah. Dipastikan Anda akan kagum melihat panorama alamnya. Untuk menuju ke sana tersedia bus di kaki bukit.

Tetapi tidak sampai di puncak bukit, Anda harus berjalan kaki sejauh 500 meter lagi menuju daerah puncak.

Sipinsur

Sipinsur merupakan tempat wisata alam di Kabupaten Humbang Hasundutan. Objek wisata ini sering dikunjungi wisatawan lokal.

Sayangnya, lokasi ini hanya untuk persinggahan saja, karena minimnya fasilitas pendukung seperti tempat makan dan minum, namun kondisi jalannya sudah baik.

Untuk menuju lokasi ini anda hanya membutuhkan waktu 60 menit saja dari Bandara Silangit Kabupaten Tapanuli Utara.

Ambarita

Ambarita adalah nama kampung di Kabupaten Samosir, objek wisata ini menawarkan wisata adat istiadat yang masih kental, di mana bangunan yang ada menjadi saksi bisu sejarah bagaimana dahulu perkampungan ini berada.

Simanindo

Simanindo ada di Dusun Huta Bolon di Kabupaten Samosir, Anda dapat melihat rumah batak, selain itu Anda juga bisa melihat benda-benda peninggalan pendahulu orang batak. Di sini Anda juga disuguhkan tarian khas orang batak yaitu Tortor.

Pangururan

Pangururan merupakan salah satu kecamatan di Kabupaten Samosir. Bagi Anda yang hobi berenang bersama keluarga, maka di sini tempatnya. Anda tidak perlu khawatir, tersedia penginapan dan tempat makan.

Anda juga dapat menikmati pemandian air panas alam yang sangat terkenal, karena di Samosir cuaca agak dingin, jadi disarankan bagi Anda untuk berendam air panas di Pangururan.

Tomok

Tomok juga berada di Kabupaten Samosir, Anda bisa melihat boneka Sigalegale yang sangat terkenal yaitu, boneka yang bisa menari tetapi digerakkan oleh seseorang di belakangya, boneka ini terbuat dari kayu dan diberi pakaian batak.

Menurut cerita, boneka ini dibuat karena kerinduan orangtua kepada anaknya yang tidak pernah pulang. Anda juga bisa melihat museum Raja Sidabutar, di sini anda bisa melihat makam yang sangat tua terbuat dari batu dan dipahat sedemikan rupa. Makam yang unik dan tidak bisa dijumpai pada zaman sekarang.

Tuktuk

Tempat ini menjadi lokasi pertama yang dijumpai setelah menyeberang dari Parapat menuju Pulau Samosir. Selain wisata adat istiadat yang kental, Anda juga bisa membeli souvenir yang beragam mulai dari hiasan dinding, ukiran patung, ulos hingga alat musik tradisonal batak seperti taganing, hasapi dan seruling batak, di sini Anda pasti puas dengan beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang.

Aek Sipitu Dai

Aek Sipitu Dai berada di Kecamatan Sianjur Mulamula. Untuk menuju ke sini Anda sebaiknya melewati Pangururan Samosir saja karena lokasinya cukup dekat dari sana.

Di lokasi ini Anda akan melihat 7 (tujuh) pancuran air dari sumber air yang sama tetapi rasanya berbeda, tentunya sangat unik. Selain itu, airnya juga dipercaya mampu mengobati berbagai penyakit.

Danau Sidihoni

Danau Sidihoni merupakan danau di atas danau dan cukup spektakuler. Danau ini terletak di Kecamatan Pangururan. Danau ini memberikan cerita tersendiri karena warnanya yang sering berubah sesuai kejadian yang terjadi di Negara kita.

Danau Aek Natorang

Danau Aek Natorang merupakan salah satu danau di Kecamatan Simanindo, Danau ini juga merupakan danau di atas danau. Sayangnya, tempat ini kurang dikelola dengan baik karena akses jalan yang kurang bagus.
Kampung Siallagan

Kampung Siallagan ini merupakan perkampungan yang berdiri kokoh pada zaman kerajaan Raja Laga Siallagan, perkampungan ini menjadi tempat yang menarik dengan keberadaan bangunan rumah adat batak dikelilinggi pagar batu dan bambu.

Dahulu pagar batu dan bambu merupakan penghalau dari serangan binatang buas. Di tempat ini ada yang disebut batu parsidangan yaitu tempat untuk mengadili seseorang yang berbuat jahat.

Desa Suhi Suhi

Di Desa Suhi Suhi ini Anda akan disuguhkan perkampungan batak yang cukup menarik. Di daerah ini Anda akan melihat bangunan rumah adat. Relif bangunan yang khas seperti gorga atau ukiran pada dinding rumah menjadikan daya tarik tersendiri bagi pecinta seni.

Di desa ini mata pencarian yang paling banyak di tekuni para perempuan adalah membuat ulos rajutan tradisional dan banyak motifnya.

Anda jangan terkejut, harga ulos berkualitas tinggi bisa mencapai Rp10 juta. Tapi jangan khawatir, Anda masih dapat membeli ulos yang harganya ratusan ribu rupiah.

Rumah Pengasingan Mantan Presiden RI Soekarno

Tempat ini merupakan tempat bersejarah, di sini terdapat rumah yang cukup indah yang sempat dihuni Presiden RI pertama yaitu Presiden Soekarno.

Di tempat ini anda bisa melihat Danau Toba dari sisi lain. Sebuah pemandangan alam yang menakjubkan bila ada melihat Danau Toba dari atas bangunan ini. (Sumber: Dikutip dari berbagai sumber)

Komentar