oleh

Lho, Puskesmas Perahu Bermotor Ini Jarang Digunakan?

Sibolga – Aktivis dan pemerhati pembangunan di Sibolga-Tapanuli Tengah menyoroti keberadaan satu unit Puskesmas keliling perahu bermotor milik Dinas Kesehatan Kota Sibolga, Sumatera Utara.

Puskesmas keliling perahu bermotor ini berada di galangan kapal di belakang kantor Dinas PUPR Sibolga di Jalan Yos Sudarso Sibolga. Diduga Puskesmas keliling perahu bermotor ini jarang digunakan.

Ketua DPP LSM Foal Independent Imran Steven Pasaribu mengatakan pihaknya sangat menyayangkan melihat kondisi Puskesmas keliling perahu bermotor milik Dinas Kesehatan Kota Sibolga tersebut.

Hasil pengamatan pihaknya, kondisi di dalam perahu berantakan dan jorok, tidak ada satu pun peralatan yang mirip dengan peralatan medis.

“Perahu ini sepertinya kurang terawat dan terlihat jorok. Sesuai data yang kami peroleh, biaya untuk pengadaan Puskesmas keliling perahu bermotor dilengkapi fasilitas pelayanan kesehatan di dalamnya ini berkisar Rp1,7 miliar,” ungkap Imran, Selasa, 15 Mei 2018.

Dia mengatakan, seharusnya pengadaan Puskesmas keliling perahu bermotor ini bukan sekadar menambah asset untuk jadi pajangan, tetapi hendaknya dapat digunakan secara berkelanjutan memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Dia menambahkan, pihaknya akan mempertanyakan hal itu melalui surat klarifikasi, apakah ada dana perawatan, dana operasional, petugas jaga serta upah petugas jaga.

“Jika nanti ditemukan dana operasional serta dana perawatannya memang ada, maka kami bersama rekan LSM yang tergabung dalam Koalisi Mutilasi segera melaporkan temuan ini ke pihak terkait,” tegas Imran.

Sayangnya, Dinas Kesehatan Kota Sibolga belum berhasil dikonfirmasi. Sejumlah pegawai yang berjaga di dalam kantor pun terkesan menghalangi wartawan yang ingin melakukan konfirmasi.

“Lagi sibuk Bapak itu, sebentar lagi mau rapat pula, sama si Pasaribu saja lah Pak!,” sebut sejumlah pegawai tersebut. (ferry sitohang_snt)

Komentar