oleh

Kemana Pergi dan Siapa Sebenarnya Pria Ini?

Medan – Tim Cyber Crime Polda Sumut terus memburu pemilik akun Facebook, Faisal Abdi, yang menyinggung dan melecehkan suku Batak dalam statusnya beberapa waktu lalu.

Kasubbid Penmas Polda Sumut AKBP MP Nainggolan menegaskan hingga kini Tim Cyber Crime terus melakukan penyelidikan terkait kasus tersebut.

“Pelaku terus kita buru. Ternyata Faisal Abdi menggunakan akun palsu saat menulis status dan kini akun Facebook sudah diblokirnya. Nah inilah kendala penyidik di lapangan,” MP Nainggolan kepada wartawan, Selasa siang (10/7/2018).

Pun demikian kata MP Nainggolan, Penyidik Cyber akan terus memproses kasus pelaku. Pihaknya saat ini juga bekerjasama dengan Mabes Polri untuk mencari tahu keberadaan pelaku.

Sebelumnya, Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw telah memerintahkan untuk memburu dan segera menangkap pemilik akun Facebook, Faisal Abdi.

“Sedang perintahkan tim Cyber Crime memburu pemilik akun itu dan akan segera kami tangkap,” ujar Paulus Waterpauw.

Diketahui sebelumnya, akun Facebook milik Faisal Abdi dilaporkan ke Polda Sumut, atas tuduhan melanggar Pasal 28 UU Nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Laporan dengan nomor LP/822/VI/2018 SPKT III 29 Juni 2018 tersebut diterima petugas SPKT Polda Sumatera Utara Bripka Gomgom Tampubolon.

Dalam laporan Pomparan Raja Lontung Bangso Batak bersama sejumlah masyarakat Batak didampingi kuasa hukum, Parluhutan Situmorang mengatakan pemilik akun Faisal Abdi telah memposting ujaran kebencian yang menyinggung suku dengan melecehkan suku Batak dengan menulis

“Eramas pasti menang, Orang Batak jangan sedih ya kalo djoss nyungsep silahkan makan kalian ta** ba** itu ha..ha.. Batak to**l.”

Bahkan, pasca pelaporan tersebut, sejumlah warga Batak turut bersama personel Polda Sumut melakukan pencarian ke sejumlah lokasi yang kemungkinan Faisal Abdi dapat ditemukan, seperti pada tempat bekerja yang ditulis di profil Facebooknya.

Namun, saat dilakukan pencarian di PT BCR Technical Indonesia, seperti yang tertulis di profil Facebook Faisal Abdi tempatnya bekerja yang bersangkutan tak ditemukan.

Netizen juga mendapatkan informasi, bahwa alamat terlapor berada di Jermal VII dekat Masjid Istiqomah, Menteng, namun yang bersangkutan juga tak ditemukan.

Kepling di wilayah tersebut yang ditanyai juga mengaku tak mengenal atas nama Faisal Abdi. (trib)

Komentar