Babinsa Ikut Usir Burung

  • Whatsapp
Foto: Personel Babinsa Ramil 08/Mdh, Kodim 0213/Nias, yang ikut menjaga sawah warga dari serangan burung.

Nias – Sebagai wujud komitmen mensukseskan program ketahanan pangan nasional, Babinsa Ramil 08/Mdh, Kodim 0213/Nias, Sumatera Utara, Sertu Amoni Zai ikut menemani petani menjaga sawah dari serangan hama burung, Rabu (18/7/2018). Sertu Amoni bertugas di sawah kelompok tani Suka Maju Desa Lasarabaene, Kecamatan Mandrehe, Kabupaten Nias Barat.

Serangan burung pipit melanda sawah seluas 1,5 ha itu. Burung yang bergerombol menyerang tanaman pada saat bulir padi mulai muncul. Selain merusak, burung menghisap dan memakan isi bulir padi.

Sertu Amoni Zai menyampaikan, hama burung ini berdatangan dari hutan pada pagi dan sore hari. Petani harus intens mengusirnya hingga memasuki masa panen.

“Kalau tidak dijaga, tanaman akan rusak dan biji padi akan habis dihisap, sehingga tidak bisa lagi dipanen,” ucapnya.

Salah satu cara yang dilakukan, lanjut Sertu Amoni, dengan memasang beberapa orang-orangan dari kayu dan kain menyerupai manusia. Orang-orangan didirikan di area sawah, diikat dengan tali yang saling bertautan. Untuk menakut-nakuti burung, diikatkan juga beberapa kaleng bekas. Suaranya akan membuat burung menjauh.

Danramilnya, Kapten Inf A Saragih mengungkapkan kegiatan itu menjawab keluhan sejumlah petani. (Penrem 023)

 

Editor: Mora

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *