Desa Sibintang Wakili Tapanuli Tengah

  • Whatsapp

Tapteng – Desa Sibintang di Kecamatan Sosorgadong menjadi perwakilan Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada lomba desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun ini. Sebagai juara di tingkat kabupaten, desa ini dinilai mampu melaksanakan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan dengan baik.

Kepada Tim Penilai Provinsi yang dikoordinir Yasir Hasan Nasution, Rabu (18/7/2018), Kepala Desa Sibintang Ahmad Tarihoran memaparkan perkembangan pembangunan, perekonomian, sumber daya alam dan inovasi desa yang diarahkan pada sektor pariwisata yang saat ini sudah menghasilkan brutto senilai Rp120. 000.000.

“Sektor pariwisata dikelola oleh BUMDes Bintang Mandiri,” kata kepala desa saat ekspos di halaman kantor desa.

Selain itu Ketua TP-PKK Desa Sibintang juga memaparkan tentang kegiatan program-program serta pembinaan yang telah dilakukan oleh PKK desa dalam upaya mensukseskan 10 program pokok PKK terhadap warga kelompok binaan.

Ketua Tim Penilai Yasir Hasan Nasution mengatakan kehadiran mereka untuk menilai dan mengetahui sistem pemerintahan Desa Sibintang yang telah berjalan selama setahun belakangan ini. Selain itu untuk mengevaluasi bagaimana kinerja kepala desanya dalam mengayomi dan melaksanakan tugas-tugas, serta kemampuan menggerakkkan partisipasi swadaya gotongroyong masyarakat dengan baik.

Bupati Tapteng diwakili Asisten Antonius Simanjuntak berharap lomba ini dapat memotivasi dan memacu semangat kepala desa yang merupakan lini terdepan yang langsung berhubungan dengan masyarakat dalam melaksanakan amanah dan tugas dari pemerintah.

“Harapan kita tahun ini Desa Sibintang dapat terpilih menjadi desa yang terbaik di tingkat provinsi,” ucapnya.

Pantauan, selain sesi tanya jawab, tim penilai juga meninjau pembangunan jalan rabat beton menuju kebun rakyat, buku-buku perpustakaan, pembangunan jalan ke objek wisata Air Terjun Gorbus, dan pengelolaan kolam renang Gorbus yang dibangun dari dana desa tahun 2016-2017. (ril)

 

editor: Mora

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *