Ini Tips Ampuh Cegah Mobil Tergelincir saat Hujan

  • Whatsapp
Ilustrasi Mobil Melintas Jalan Basah yang Diguyur Hujan. Foto: Okezone News.

Smart News Tapanuli – Kondisi cuaca yang tidak menentu, membuat pengguna jalan harus memerhatikan kondisi kendaraannya. Ketika melintasi jalan basah atau terdapat genangan air, bisa saja mobil tergelincir karena hydroplaning.

Bahkan, hydroplaning bisa menyebabkan kecelakaan tunggal, seperti terbalik atau menabrak pembatas jalan. Oleh sebab itu, PT Astra Daihatsu Motor memberi beberapa tips bagaimana cara berkendara yang aman saat kondisi jalan basah.

Budi Mahendra selaku Executive Coordinator Customer Satisfaction and Value Chain Division ADM, mengatakan, hydroplaning bisa terjadi ketika berkendara di jalanan basah atau melintasi genangan air, di mana kondisi ban akan kehilangan traksi karena posisinya tidak menyentuh permukaan jalan.

Menurut Budi Mahendra, ada tiga hal penting yang harus diperhatikan agar mobil tidak tergelincir karena kehilangan traksi yakni, kecepatan, kondisi ban dan tekanan angin.

“Ketika hujan, sebaiknya kecepatan maksimal 70 kilometer per jam, dan perhatikan kecepatan kendaraan di sekitar. Hal ini dilakukan untuk mengurangi risiko selip. Pada musim hujan, periksa kembang ban dan pilih ban sesuai permukaan kering dan basah,” kata Budi dalam siaran pers yang diterima VIVA, Rabu 29 Agustus 2018.

Terakhir, pastikan tekanan angin ban sesuai standar masing-masing kendaraan. Angkanya bisa dilihat di label yang ada dekat pintu pengemudi. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *