Petani Nias Utara Latihan Gunakan Rice Transplanter

  • Whatsapp
Babinsa Koramil 06/Tuhemberua Serka F Tafonao dan Serka E Laoli mengajarkan kepada petani cara menggunakan peralatan mesin pertanian (Alsintan) Rice Transplanter di Desa Iraonogea, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, Sabtu 15 September 2018.

Nias Utara – Babinsa Koramil 06/Tuhemberua Serka F Tafonao dan Serka E Laoli mengajarkan kepada petani cara menggunakan peralatan mesin pertanian (Alsintan) Rice Transplanter di Desa Iraonogea, Kecamatan Tuhemberua, Kabupaten Nias Utara, Sabtu 15 September 2018.

Serka F Tafonao memaparkan Rice Transplanter adalah mesin penanam padi. Digunakan untuk menanam bibit padi yang telah disemaikan pada areal khusus dengan umur tertentu yang kondisinya siap tanam.

Mesin ini dirancang untuk bekerja pada lahan berlumpur (puddle). Karena itu rancangan mesin ini ringan dan dilengkapi alat pengapung.

Dikatakan Rice Transplanter ini beragam, berdasarkan sumber daya penggeraknya, ada manually operated transplanter yang sumber daya penggeraknya berasal dari tenaga manusia.

Ada Animal Drawan Transplanter yang sumber daya penggeraknya berasal dari tenaga hewan.

Kemudian Tractor Mounted Transplanter yang sumber daya penggeraknya berasal dari traktor, unitnya terpisah dari transplanternya.

Ada juga Self Propelled Transplanter yaitu transplanter yang unit penggeraknya menjadi satu kesatuan dengan alat penanamnya.

Danramil 06/Tuhemberua Kapten Inf Yustinus Waruwu mengatakan Rice Transplanter sangat membantu petani, namun tidak semua petani di Kecamatan Tuhemberua Kabupaten Nias Utara dapat menggunakan mesin ini.

Selain harganya cukup mahal, petani juga butuh pelatihan agar dapat menggunakan mesin ini karena banyak instrumen alat yang belum diketahui petani.

“Kita berharap petani serius mengikuti pelatihan sebelum menggunakan Rice transplanter ini,” ujarnya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *