Ini DPT Tapanuli Tengah di Pemilu 2019

  • Whatsapp
KPU Tapteng Sumatera Utara Menetapkan Daftar Pemilih Tetap di Pemilu 2019, Senin 12 November 2018. (FOTO: dok_ist)

Tapanuli Tengah – Tahapan menjelang pelaksanaan Pemilu 2019 terus berjalan. Komisi Pemilihan Umum Tapanuli Tengah mengungkap data baru pemilih dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPTHP) tahap 2.

Jumlah DPT hasil perbaikan ini tercatat 219.723 pemilih atau terdapat selisih 14.000-an dibanding DPTHP1 yang berjumlah 205.582 pemilih.

Bacaan Lainnya

Ketua KPU Tapteng, Timbul Panggabean menjelaskan, jumlah DPT ini setelah dilakukan pencermatan oleh Parpol, Bawaslu dan Dirjen Dukcapil.

“Perbaikan terhadap data pemilih tersebut agar lebih baik, dengan tujuan demi menjamin hak pilih warga tidak ada yang hilang. Itu intinya,” kata Timbul kepada wartawan di Pandan, Senin (12/11).

Dia mengatakan, perbaikan DPT yang terus dilakukan tersebut merupakan bagian dari program Gerakan Melindungi Hak Pilih (GMHP) yang dicanangkan oleh KPU.

“Selain itu juga dilakukan coklit terbatas dengan turun ke lapangan,” ujarnya.

Timbul mengaku belum mengetahui kemungkinan terjadi lagi perubahan DPTHP3. Pada 15 November 2018 nanti akan dilakukan rekapitulasi tingkat nasional.

“Tergantung dinamika dalam rekapitulasi tersebut, sekiranya masih ada rekomendasi, maka kita jajaran yang dibawah siap menindaklanjuti rekomendasi dengan segera,” imbuhnya. (Dody)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *