Aplikasi “Toba Smile” Cara Baru Gaet Turis ke Danau Toba

  • Whatsapp
Danau Toba, Parapat, Sumatera Utara. (FOTO: dok_ist)

Parapat – Sejalan dengan era digitalisasi, saat ini sudah ada aplikasi bernama ‘Toba Smile’. Aplikasi ini dimanfaatkan sebagai media platform untuk mempromosikan wisata Danau Toba, Sumatera Utara.

Bank Indonesia menilai, pendekatan dari sisi digital ini sangat tepat diterapkan untuk menjadikan Danau Toba sebagai destinasi wisata yang menarik.

Bacaan Lainnya

Karena, ketika orang mencari informasi sebelum dia datang ke lokasi atau suatu tempat, dia akan mencari terlebih dahulu informasi melalui internet. Jadi berdasarkan hit orang itu menjadi indikasi, dia akan datang ke Danau Toba atau tidak.

“Aplikasi Toba Smile sudah jadi sudah bisa diakses di Play Store, tapi harus diisi artikel dan foto yang menarik tentang Danau Toba,” kata Deputi Direktur Pengembangan Ekonomi KPw BI Provinsi Sumatera Utara Demina R Sitepu kepada wartawan, Kamis (15/11).

Untuk itu, BI Sumut berupaya memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat, pelaku usaha dan jasa yang terkait melalui pelatihan Toba go Digital di yayasan DEL di Kabupaten Toba Samosir.

“Siapa pun yang berminat, bisa pelaku usaha, hotel, home stay, pelaku usaha kuliner atau restoran, pedagang merchandise suvenir, travel agen, rental mobil dan sepeda motor, jurnalis hingga bloger,” ungkapnya.

Deputi Direktur Pengembangan Ekonomi KPw BI Provinsi Sumut, Demina R Sitepu (Kanan) Saat Membuka Pelatihan Wartawan Ekonomi se Sumatera Utara di Hotel Inna Parapat, Kamis 15 November 2018.

Melalui pelatihan Toba go Digital lewat aplikasi Toba Smile ini, pihaknya akan membekali orang-orang yang dilatih untuk menjadi konten provider.

“Aplikasi Toba Smile harus diisi konten tentang segala apa pun yang ada di Danau Toba. Kita berharap orang akan datang ke situ,” ujar Demina yang membuka pelatihan wartawan ekonomi dan bisnis di Parapat.

Dia menambahkan pembuatan aplikasi Toba Smile ini merupakan kerja sama antara Badan Pelaksana Otorita Danau Toba (BPODT) dengan PT Arga Tekno, BI dalam hal ini memfasilitasi edukasinya. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *