Tak Baik untuk Kesehatan, Jangan Pinjamkan 6 Barang Ini ke Orang Lain

  • Whatsapp
Foto: Ilustrasi Earphone atau headset. (Foto: Pixabay)

Smart News Tapanuli – Barang-barang yang rutin dipakai beraktivitas dalam keseharian sering kali dibawa kemana pun pergi karena fungsi barang tersebut sangat menunjang keseharian. Barang tersebut bisa juga selalu Anda gunakan di rumah dan berbagi dengan keluarga.

Namun terkadang saat Anda membawanya atau lupa membawa benda tersebut, Anda meminjamkannya kepada teman.

Ternyata, ada barang yang tidak boleh dipinjamkan atau dipakai orang lain selain diri kita sendiri. Lalu, barang apa saja itu, berikut seperti dilansir dari brightsight.me, dalam Liputan6.com.

1. Penjepit atau gunting kuku

Kita tidak bisa melihatnya tetapi ada sejumlah besar bakteri, virus, dan mikroorganisme jamur pada jari dan kuku manusia. Karena itu, gunting kuku biasa bisa menjadi vektor infeksi.

Dengan demikian, penggunaan gunting kuku orang lain meningkatkan risiko penyakit jamur dan HPV (human papillomavirus).

2. Lip balm

Buat para wanita yang sering menggunakan kosmetik satu ini perlu diperhatikan. Di bawah permukaan bibir, ada pembuluh darah juga. Mereka siap untuk membawa semua yang kamu masukkan ke bagian wajah ke dalam aliran darah – bahkan mikroba.

Virus herpes dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain ketika berbagi lipbalm atau lipstik, bahkan jika pembawa tidak memiliki gejala penyakit yang terlihat.

3. Earphone atau headset

Ternyata earphone orang lain dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri di telinga. Risiko meningkat jika Anda menggunakannya saat beraktivitas yang menguras banyak tenaga, seperti olahraga. Panas dan kelembaban bisa menambah risikonya.

Selain itu, jika Anda berbagi headphone, bersiaplah untuk bakteri seperti streptococcus dan staphylococcus untuk masuk ke telinga dan menyebabkan infeksi, bisul, dan pustula. Jika Anda masih ingin berbagi aksesoris ini dengan seseorang atau meminjamnya, bersihkan headphone dengan kapas yang dicelupkan ke dalam alkohol.

4. Deodoran

Deodoran roll on dapat membawa infeksi serius, terutama jika bakteri mengalami luka kecil setelah bercukur. Deodoran yang wangi hanya menutupi bau dan tidak mencegah penggandaan bakteri.

Karena itu, selalu pilih deodoran dengan bahan antibakteri dan jangan membaginya, bahkan dengan keluarga Anda.

5. Handuk

Handuk adalah tempat berkembang biak bagi kuman, terutama ketika itu tergantung di kamar mandi dengan kelembaban tinggi. Jika handuk Anda mulai berbau apek, itu berarti ada perkembangan jamur dan bakteri.

Handuk semacam itu dapat menginfeksi pemiliknya dengan infeksi jamur dan bakteri yang menyebabkan ruam, jerawat, dan konjungtivitis. Untuk menghilangkan bahaya ini, seringlah mencuci handuk setelah 4-5 kali penggunaan dan selalu biarkan benar-benar kering.

6. Kuas makeup

Kamu sering meminjamkan kuas? atau meminjam kuas makeup kepada teman. Hindari berbagi produk rias yang bersentuhan dengan cairan tubuh seperti air mata, mukosa hidung, air liur, darah, atau jerawat nanah.

Ini berarti bahwa lebih baik untuk tidak berbagi eyeliner, eyeshadow, maskara, concealer, makeup base, lipstik, dan pemerah pipi. Juga, jangan beri siapa pun kuas makeup Anda dan jangan pernah menggunakan sampler di toko kosmetik. (ren)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *