Tips Agar Tabung Gas Tidak Meledak dan Terbakar

  • Whatsapp
Prajurit Korem 023/KS Diberi Materi Tentang Tata Cara Mengatasi Jika LPG Terbakar atau Meledak. (Foto: Penrem023)

SmartNews, Sibolga – Untuk mencegah terjadi kebakaran atau ledakan tabung gas LPG, prajurit Korem 023/KS dibekali oleh pemateri, Jhoni dan tim dari Koperasi Purna Karyawan Pertamina, Kamis (4/7/2019).

Sosialisasi dilaksanakan di Lapangan Makorem 023/KS jalan Datuk Itam No 1 Kota Sibolga, dihadiri para kasi korem dan para perwira lainnya.

Bacaan Lainnya

“Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam penggunaan tabung LPG, antara lain logo Pertamina, masa expired atau kadaluarsa,” kata Jhoni mengawali materi yang disampaikan.

Menurut, Jhoni, tabung LPG memiliki masa yang harus diuji kelayakannya oleh pertamina setiap 5 tahun sekali.

Hal lain yang penting diteliti, kata Jhoni, pengunaan regulator diwajibkan berkode SNI.

“Selang LPG juga harus diberi spiral agar terhindar dari gigitan tikus ataupun tumpahan minyak. Pastikan regulator tidak bersuara ataupun berdesis, serta penggunaan kunci regulator yang baik dan benar,” ungkap Jhoni.

Di kesempatan ini, Jhoni bersama tim memperagakan tentang cara mengatasi jika terjadi kebakaran yang diakibatkan oleh kebocoran pada regulator maupun selang LPG.

Prajurit yang mengikuti sosialisasi ini diberi kesempatan untuk mengatasinya, diwakili oleh Kapten Inf H Sirait (Kajas Rem 023/KS).

“Kami kembali mengingatkan semua pihak yang menggunakan LPG agar selalu waspada, dan jangan lupa menganti regulator dan selang LPG, apabila sudah tidak layak pakai lagi,” imbaunya. (penrem023)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *