Bandara FL Tobing Dukung Peningkatan Kunjungan Wisatawan ke Tapteng

  • Whatsapp
Aktivitas Penerbangan di Bandara Dr FL Tobing di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. (Foto: dok-ist)

SmartNews, Pinangsori – Salah satu prioritas pembangunan di Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara adalah sektor pariwisata. Hal ini tertuang dalam visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2017-2022.

Nah, dengan pengembangan potensi wisata di daerah ini, secara serius menuju peningkatan ekonomi rakyat.

Bacaan Lainnya

Apalagi didukung keberadaan Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing di Kecamatan Pinangsori yang strategis.

Kepala Bandara Dr Ferdinand Lumbantobing Farel Lumbantobing mengatakan, saat Bandara Dr FL Tobing sudah memiliki landasan pacu 2.190 x 30 meter.

“Ada 4 maskapai penerbangan yang dilayani di bandara ini, yaitu Garuda Airlines, Citilink, Wings Air, dan Aviasta penerbangan perintis ke Bandara Binaka di Pulau Nias. Rute Bandara Internasional Kuala Namu ada 2 maskapai, yaitu Citilink 3 kali penerbangan dalam seminggu (Rabu, Kamis dan Jumat) dan Wings Air setiap hari penerbangan. Khusus Wings Air, hari Senin, Rabu, Jumat, dan Minggu ada 3 penerbangan dalam sehari dan untuk hari Selasa, Kamis, dan Sabtu 2 kali penerbangan sehari. Rute Jakarta dengan maskapai Garuda setiap hari penerbangan 7 kali seminggu,” kata Farel, Kamis (4/7/2019).

Dia menyebut, angkutan udara pada Hari Raya Idul Fitri 1440 H/2019 M, yaitu H-7 dan H+7, hampir semua jumlah penumpang turun sekitar 23 persen termasuk melalui Bandara Dr. FL. Tobing. Selain itu harga tiket pesawat yang cukup tinggi juga menjadi perhatian serius.

“Seperti juga diberitakan oleh website Kementerian Kominfo, saat rapat koordinasi tingkat Menteri mengenai evaluasi kebijakan penurunan tarif angkutan udara yang dilaksanakan di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta pada Senin (1/7/2019) diputuskan pemerintah dan pihak terkait akan menyediakan penerbangan murah rute domestik pada setiap hari Selasa, Kamis, dan Sabtu pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB dengan memberi diskon hingga 50 persen dari Tarif Batas Atas (TBA) harga tiket pesawat,” terangnya.

“Biayanya ditanggung bersama oleh maskapai, pengelola bandara, penyedia bahan bakar, dan air nav. Untuk tersedianya penerbangan murah itu, kami masih menunggu keputusan selanjutnya dari hasil rapat itu,” sambungnya.

Kepala Bandara Dr FL Tobng Pinangsori, Tapteng, Farel Lumbantobing. (Foto: dok-ist)

Katanya lagi, pihaknya tetap berkomitmen mendukung kebijakan pemerintah atas penerbangan murah itu.

“Kami juga mendukung program Bupati Tapanuli Tengah Bakhtiar Ahmad Sibarani dalam meningkatkan pariwisata di Kabupaten Tapanuli Tengah melalui peningkatan pelayanan di Bandara Dr. FL. Tobing dan peningkatan kapasitas penerbangan,” ungkap dia.

Terkait usulan perpanjangan landasan pacu (runway) bandara, taxyway, dan berbagai pembangunan fasilitas pendukung untuk dapat ditingkatkan kelas bandara, masuknya pesawat berbadan besar, dan peningkatan jumlah penumpang, seperti wisatawan ke Kab. Tapteng, pihak Bandara Dr. FL. Tobing juga menindaklanjutinya ke Kemenhub di Jakarta. Apalagi Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dan Menteri Perhubungan telah berkali-kali datang melalui Bandara Dr. FL. Tobing.

Dia juga menjelaskan bahwa saat ini sedang dibangun Gapura Bandara, Kantor Bandara, Rumah Dinas dan Drainase sekitar Bandara Dr. FL. Tobing sehingga penataan sekitar bandara semakin baik dan asri. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *