Dinas Sosial dan FKBN Tapteng Gerak Cepat Tangani Nurliani Hasugian

  • Whatsapp
Kepala Dinas Sosial Tapteng Parulain Sojuangon Panggabean Didampingi Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Komunikasi Bela Negara (FKBN) Tapanuli Tengah, Destriono Rajagukguk Foto Bersama Dengan Petugas Medis di Ruang Singgah di RSUD Pandan. (Foto: dok)

SmartNews, Tapteng – Nurliani Hasugian warga Kelurahan PO Manduamas, Kecamatan Manduamas yang mengalami gangguan jiwa telah ditangani medis RSUD Pandan di Ruang Singgah Dinas Sosial Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, Selasa (23/7/2019).

“Oh iya, Nurliani Hasugian sudah di Rumah Singgah kita di RSUD Pandan,” kata Kepala Dinas Sosial Tapteng Parulian Sojuangon Panggabean saat dikonfirmasi SmartNews.

“Ke depannya langkah yang mau kita ambil. Pertama kan dia kan termasuk kategori orang dengan gangguan (ODG) jiwa. Jadi dirujuklah dia dari Puskesmas Manduamas ke rumah sakit RSUD Pandan,” sambung Parulian.

Menurut Parulian, di Rumah Singgah di RSUD Pandan, Nurliani Hasugian ditempatkan di ruang isolasi.

“Karna dia kan sudah sempat dirantai kan. Dirawat oleh dokter jiwa lah di situ sampai BPJS nya selesai. Kalau BPJS nya selesai, didiagnosa dari dokter jiwa nanti, apakah dia dirujuk ke Medan, BPJS inilah modalnya,” katanya.

“Tapi kalau hanya perawatan di rumah singgah nanti dokter jiwa bilang, maka akan dikembalikan ke keluarganya, dengan syarat dijaga oleh keluarganya nanti, habis obat dibawa ke Puskesmas seperti itu. Di kita di sini, pertama kita lakukan tindakan-tindakan menghiburlah, seperti alternatif, rukiah kita lakukan, menghibur dia dengan nasihat-nasihat. Itu yang kita lakukan di rumah singgah,” ungkapnya.

Nurliani Hasugian dibawa ke RSUD Pandan setelah Forum Komunikasi Bela Negara (FKBN) Tapanuli Tengah melakukan upaya pertolongan terhadap Nurliani agar bisa ditangani secara medis.

Demikian disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Forum Komunikasi Bela Negara (FKBN) Tapanuli Tengah, Destriono Rajagukguk kepada SmartNews, Selasa (23/7/2019).

“Selaku Ketua FKBN dan jajaran, jiwa sosial kami terpanggil untuk memperjuangkan pengobatan terhadap Nurliani. Jadi kemarin saya urus di Dinas Sosial Tapteng, bagaimana agar ibu ini bisa segera mendapat penanganan secara medis,” ungkap Destriono, kemarin.

Kerjasama ini, lanjut Destriono juga melibatkan pihak Kecamatan, Kelurahan, Puskesmas Manduamas.

“Sehingga terselesaikan administrasi untuk membawa Nurliani Hasugian untuk proses penanganan,” ujarnya.

Dia juga menyebut kartu BPJS Nurliani Hasugian sedang dalam pengurusan. “Jika BPJS nya selesai kami urus, Nurliani Hasugian akan direhabilitasi ataupun pengobatan,” jelasnya.

Terlaksananya penanganan terhadap Nurliani Hasugian, lanjut Destriono, setelah ia meminta Kepala Dinas Sosial Tapteng untuk memberikan perhatian.

“Pak Parulian Sojuangon Panggabean selaku Kepala Dinas Sosial Tapteng langsung tanggap dan bereaksi cepat. Jadi saya bersama keluarga FKBN mengurus segala administrasi,” ucapnya. (red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *