Dinkes Tapteng Survei Malaria Zoonosis di Pulau Mursala

  • Whatsapp
Dinas Kesehatan Tapteng menurunkan tim terpadu untuk menyurvei malaria zoonosis, dirangkai pelayanan kesehatan di Pulau Mursala, Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Minggu (15/9/2019).

SmartNews, Tapteng – Dinas Kesehatan Tapteng menurunkan tim terpadu untuk menyurvei malaria zoonosis, dirangkai pelayanan kesehatan di Pulau Mursala, Desa Tapian Nauli I, Kecamatan Tapian Nauli, Minggu (15/9/2019).

Pelayanan kesehatan dan survei malaria zoonosis dilakukan melalui mass blood survey (MBS) dengan menyasar 85 penduduk di pulau terpencil tersebut.

Bacaan Lainnya

Kadiskes Tapteng, Nursyam, melalui Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P), Ewiya Laili, menjelaskan, pelayanan kesehatan di antaranya, wawancara survei, pengukuran tinggi badan dan berat badan.

Kemudian, pemeriksaan kadar Hemoglobin (Hb), pemeriksaan suhu tubuh, pemeriksaan tekanan darah, pengambilan sampel darah untuk diperiksa secara mikroskop.

“Uji diagnostik cepat (RDT), dan pemeriksaan serologi dan molekular lainnya. Hasil survei malaria zoonosis di Pulau Mursala ini negatif terpapar malaria. Sedangkan untuk uji laboratorium, hasilnya masih menunggu,” sebut Ewiya.

Dia menambahkan, dalam pelayanan kesehatan tersebut, tim terpadu juga memberikan pelayanan meliputi pemberian makanan tambahan kepada 2 ibu hamil, pemberian vitamin A kepada 12 Balita, pemberian obat cacing kepada 30 anak usia 1-12 tahun; imunisasi kepada 11 bayi dan batita.

“Juga screening triple eliminasi mencakup hepatitis, sifilis, dan HIV pada ibu hamil,” imbuhnya. (ril)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *