DPRD Humbahas Bentuk 6 Fraksi

  • Whatsapp
Kantor DPRD Humbahas. (Foto: AND)

SmartNews, Dolok Sanggul – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bentuk enam fraksi. Pembentukan dan pengesahan enam fraksi itu dilakukan dalam paripurna tertutup, dipimpin Ketua DPRD sementara, Ramses Lumban Gaol didampingi waket (wakil ketua) sementara, Marolop Manik, di Gedung DPRD, Jumat (4/10/2019).

Sekertaris DPRD, Parlindungan Simamora, usai paripurna tertutup kepada wartawan mengatakan, bahwa DPRD Humbahas baru saja membentuk enam fraksi.

Bacaan Lainnya

Keenam fraksi tersebut yakni, fraksi Persatuan Solidaritas, fraksi PDIP, fraksi Golkar, fraksi Hanura, fraksi NasDem, fraksi Gerindra Demokrat.

Dia menguraikan, sesuai dengan jumlah kursi di lembaga DPRD Humbahas, bahwa fraksi Persatuan Solidaritas memiliki (tiga kursi), fraksi PDIP (tujuh kursi), fraksi Golkar (lima kursi), fraksi Hanura (tiga kursi), fraksi NasDem (tiga kursi), dan fraksi Gede (Gerindra-Demokrat) memiliki tiga kursi.

Katanya, usai pembentukan fraksi, para wakil rakyat itu akan membentuk pokja (kelompok kerja) dan membahas tatib (tata tertib) dewan.

Selanjutnya, untuk pembentukan alat kengkapan dewan (AKD) akan ditetapkan melalui pimpinan defenitif.

“Sesuai tugas dan kewenangan, bahwa pimpinan sementara hanya memfasilitasi rapat-rapat DPRD, pembentukan pimpinan defenitif, tatib dan fraksi. Sementara pembentukan AKD akan dilakukan melalui pimpjnan defenitif,” terangnya.

Sebelumnya, Ketua DPRD sementara, Ramses Lumban Gaol di ruang kerjanya mengatakan, sebelum pembentukan fraksi, masing-masing partai masih melakukan lobi-lobi.

“Partai yang memiliki tiga kursi atau lebih sudah pasti membentuk fraksi sendiri atau fraksi murni. Namun partai yang hanya memiliki satu kursi dan dua kursi, masih melakukan lobi-lobi untuk membentuk koalisi. Mudah-mudahan komunikasi politik gabungan partai terjalin dengan baik, sehingga pembentukan fraksi di lembaga DPRD dapat ditetapkan,” ungkapnya.

Untuk pembentukan pokja, tatib hingga pimpinan defenitif, kata Ramses bahwa pihaknya optimis.

“Sebagai pimpinan DPRD sementara, kita akan berusaha maksimal melaksanakan tugas dan wewenang. Untuk tujuan tadi, kita juga mengharapkan kerjasama yang baik dari para anggota dewan,” tandasnya. (AND)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *