Penambangan Galian C di Jalan Sibolga Tarutung Ditertibkan

  • Whatsapp
Aktivitas Penambangan Galian C di Sepanjang Jalan Lintas Sibolga Tarutung di Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah Ditertibkan. (Foto: Dok-Istimewa)

SmartNews, Sitahuis – Aktivitas penambangan Galian C di Jalan Nasional Sibolga-Tarutung di Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut) dianggap membahayakan pengguna jalan.

Camat Sitahuis, Darma P. Lumbantobing mengatakan, ada 5 titik aktivitas penambangan Galian C di sepanjang jalan lintas di wilayahnya itu yakni, 1 titik di Desa Rampa, 1 titik di Desa Nagatimbul, dan 3 titik di Desa Mardame.

Bacaan Lainnya

“Selain membahayakan pengguna jalan, aktivitas penambangan Galian C itu bisa mengganggu proyek nasional pelebaran Jalan Sibolga-Tarutung,” kata Darma Lumbantobing dalam keterangan tertulis Diskominfo Tapteng yang diterima SmartNews.

Karenanya, kata Darma, pihaknya bersama aparat kecamatan Sitahuis, Kasatpol PP Tapteng dengan personelnya bersama Bhabinkamtibmas dan Babinsa melakukan monitoring dan penertiban terhadap penambangan bahan Galian C tersebut, Rabu (16/10/2019).

Penambangan Galian C di Sepanjang Jalan Sibolga Tarutung di Kecamatan Sitahuis, Kabupaten Tapanuli Tengah Ditertibkan. (Foto: Dok-Istimewa)

Menurut Darma, sebelum penertiban, pihaknya telah melakukan sosialisasi pada, Sabtu 12 Oktober 2019 lalu kepada masyarakat pelaku penambangan di 5 titik itu.

“Kita juga sudah memberikan surat tentang peraturan terkait hal itu, dan apa sanksinya kalau tidak memiliki izin. Aktivitas penambangan Galian C tanpa izin ini berpotensi untuk terjadinya longsor yang dapat membahayakan pengguna jalan protokol dan mengganggu aktivitas proyek nasional pelebaran Jalan Sibolga-Tarutung,” ungkapnya.

“Saat ini aktivitas penambangan Galian C di 3 titik telah dihentikan, dan beberapa personil Satpol PP ditempatkan di 3 titik lokasi itu agar penambangan Galian C tanpa izin itu tidak beroperasi lagi,” jelas Darma. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *