Media Bebas Mengeksplorasi Pemberitaan Balon Kepala Daerah

  • Whatsapp
Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Toba Room Pia Hotel Pandan, Jumat (18/10/2019).

SmartNews, Tapteng – Peran wartawan sangat diperlukan dalam proses pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Selain sikap independensi, wartawan memiliki kebebasan untuk menyajikan berita-berita tentang sosok bakal calon (Balon) kepala daerah agar lebih dikenal oleh masyarakat.

Bacaan Lainnya

Hal itu disampaikan Anggota Dewan Pers, Asep Setiawan dalam Workshop Peliputan Pasca Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden Tahun 2019 di Toba Room Pia Hotel Pandan, Jumat (18/10/2019).

“Media bebas mengeksplorasi pemberitaan setiap sosok balon kepala daerah, baik melalui advertorial maupun pemasangan iklan di media massa tertentu,” ungkap Asep Setiawan.

Artinya, kebebasan itu sebelum Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan calon kepala daerah yang ikut dalam Pilkada. Karena setelah penetapan, KPU yang akan menentukan media massa untuk pemasangan iklan calon kepala daerah.

“Dewan Pers tidak punya wewenang mencampuri ranah KPU, karena KPU juga terikat Undang-Undang Pemilu,” sebut Asep.

Workshop Peliputan Pasca Pileg dan Pilpres 2019 yang dipandu moderator, Marlon Pasaribu tersebut dihadiri belasan wartawan media cetak dan elektronik yang bertugas di Sibolga dan Tapanuli Tengah. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *