Hanura Humbahas Jaring 5 Bakal Calon Bupati

  • Whatsapp
Foto: Ketua tim Pilkada DPC Hanura Humbahas, Bernando Sitohang saat menjaring Bacabup dan Bawacabup. (dok-and)

SmartNews, Dolok Sanggul – Jelang Pilkada serentak 2020, DPC Partai Hanura Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) jaring lima (5) bakal calon bupati (bacabup) dan satu (1) bakal calon wakil bupati (bawacabup).

Demikian disampaikan Ketua Tim Pilkada Hanura Humbahas, Bernando Sitohang kepada wartawan di Dolok Sanggul, kemarin.

Bacaan Lainnya

Bernando menjelaskan, kelima Bacabup itu masing-masing Antoni Pasaribu, Barita Purba, Baginda Polin Lumban Gaol, Dosmar Banjarnahor dan Harri Marbun. Sementara Bawacabup yakni Rajin Tajom Sihombing yang akan mendampingi Bacabup Baginda Polin Lumban Gaol.

Dia menguraikan bahwa kelima Bacabup ini merupakan putra terbaik Humbahas yang datang dari latar belakang berbeda.

Antoni sendiri merupakan Birokrasi yang bertugas di Dirjen Perpajakan, Kementrian Keuangan. Sementara Barita Purba merupakan pengusaha di DKI Jakarta sekaligus promotor tinju.

Baginda Polin Lumban Gaol juga seorang birokrasi di jajaran Kejaksaan Republik Indonesia dan terakhir sebagai Kajati Kalimantan Barat. Dosmar Banjarnahor merupakan bupati Humbahas periode 2015-2020 yang mencalonkan kembali pada Pilkada serentak 2020.

Selanjutnya Harri Marbun merupakan profesional dan pengusaha bidang asphal mixing plant (AMP). Sementara Bawacabup Rajin tajom Sihombing salahsatu pengusaha di DKI Jakarta.

“Sejauh ini kita sudah menjaring lima bacabup dan satu bawacabup melalui pengambilan formulir. Dari lima Bacabup itu empat diantaranya yakni Antoni Pasaribu, Barita Purba, Baginda Polin Lumban Gaol dan Dosmar Banjarnahor sudah mengembalikan formulir pendaftaran. Bacabup lainnya yakni, Harri Marbun diinformasikan menyusul karena yang bersangkutan masih berhalangan. Sementara Bawacabup Rajin Tajom Sihombing secara bersama-sama dengan Bacabup Baginda Polin Lumban Gaol dalam pengembalian formulir pendaftaran,” paparnya.

Lebih lanjut, Sekertaris DPC Hanura itu menambahkan, bahwa tahapan selanjutnya dari tim Pilkada Hanura dalam penjaringan bacabup-bawacabup adalah verifikasi berkas, survei dan monitoring.

Selanjutnya konvensi untuk menjaring yang terbaik dari yang baik. Dalam konvensi tersebut, tim Pilkada akan melakukan pemaparan Visi-Misi. Debat kandidat yang melibatkan Akademisi, Pemuda, Tokoh Masyarakat dan politisi.

“Sesuai tahapan, hasil konvensi tadi diharapkan mengerucut dan akan disampaikan ke DPC Hanura untuk diteruskan ke DPP melalui koordinasi dengan DPD,” tukasnya.

Sebelum pemberian dukungan, katanya akan dilakukan penandatangan komitmen bersama untuk membangun Humbahas dan Partai Hanura di daerah itu. Sesuai dengan motto Hanura, “From Zero to Hero”. Artinya Hanura bangkit kembali dari titik Nol untuk menjadi partai besar dan pemenang dalam Pemilu 2024.

Disoal peluang lobi-lobi politik yang telah dilakukan beberapa kandidat, kata Bernando bahwa lobi tadi tidak mutlak pemberian syarat dukungan. Namun melalui proses atas tahapan yang telah disepakati partai dan tim Pilkada.

“Lobi-lobi itu sah-sah saja. Namun sejauh ini, lobi itu hanya ‘say hello’ saja tanpa ada deal politik di dalamnya,” imbuh mantan Caleg dari Dapil III Humbahas itu.

Ditanya bahwa syarat dukungan kepada paslon sedikitnya diusung oleh lima kursi DPRD, Bernando mengakui bahwa pihaknya harus membentuk koalisi mengingat kursi Hanura di DPRD sebanyak empat kursi.

“Kita akui, sesuai Undang-undang Nomor 10/2016 tentang Pilkada, bahwa untuk mengusung kandidat pasangan calon bupati dan calon wakil bupati sedikitnya harus diusung lima kursi dari partai politik dan gabungan partai politik. Saat ini Hanura memiliki empat kursi, artinya kita tetap membangun komunikasi politik dan koalisi dengan partai lainnya unutk memenuhi syarat di atas,” ujar Bernando.

Untuk koalisi tadi kata Bernando, pihaknya sudah melakukan safari politik di daerah itu dan membuka ruang untuk membangun koalisi dukungan pasangan calon bupati dan calon wakil bupati.

“Terkait rencana koalisi, kita sudah bangun komunikasi politik dengan PSI, Demokrat dan beberapa partasi lainnya,” tandasnya. (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *