Pemkab Humbahas Promosikan Potensi Wisata Secara luas

  • Whatsapp
Foto: Kontingen Humbahas dalam FDT 2019. (dok-and)

SmartNews, Dolok Sanggul – Even tahunan Festival Danau Toba (FDT) ke-7 tahun 2019 dilaksanakan di Open Stage Pagoda-Parapat, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, baru baru ini oleh Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) bersama pegiat wisata dari daerah itu untuk mempromosikan potensi wisata secara luas. Hal itu guna mendekatkan objek wisata Humbahas ke dunia luar.

Demikian dikemukakan Plt. Kepala Dinas Pariwisata Humbahas, Resva Panjaitan melalui Kepala Bidang Promosi dan Kelembagaan, Barton Naibaho, kepada wartawan, Senin (16/12/2019) kemarin, di Dolok Sanggul.

Bacaan Lainnya

Menurut Barton, selama pelaksanaan FDT 2019, ditampilkan video promosi Potensi Pariwisata Kabupaten Humbahas di slide (backdrop) panggung sebagai latar penampilan tim. Bahkan, kepada perwakilan pengunjung yakni 2 orang wisatawan mancanegara, diberikan Stola Batak dari Humbahas.

Selain itu, lanjut Barton, konten lain yang diikuti kabupaten Humbahas diantaranya, lomba vokal group, lari 10 K, solu bolon, penampilan kesenian tradisional dan pameran.

“Khusus dari dinas pariwisata, vokal group ada 9 orang, pentas seni budaya sebanyak 20 orang dengan menampilkan tarian, musik tradisional dan lagu daerah. Di lokasi, kita juga menyiapkan bahan lain seperti, leaflet, peta pariwisata, booklet, vidio promo wisata, buku travel gude to Humbahas serta buku saku wisata. Intinya melalui ajang ini kita dekatkan wisata Humbahas ke dunia luar,” tukasnya.

Dia menguraikan, untuk kegiatan pagelaran budaya, Pemkab Humbahas menampilkan tari-tarian, teatrikal, musik tradisional Batak, dan nyanyian.

Kegiatan pagelaran tersebut menampilkan group Sanggar Seni Martabe, HS Trio, Generasi Muda Lintongnihuta, dan Group Nalago.

“Pada lomba Vocal Group, tim dari Humbang Hasundutan yakni Sanggar Seni Martabe dan Group Generasi Muda Lintongnihuta menampilkan lagu wajib ‘O Tao Na Tio’ dan lagu pilihan ‘O Tano Batak’. Dari 10 kontestan yang mengikuti lomba vocal group ini, Sanggar Seni Martabe Doloksanggul keluar sebagai Juara I,” tegasnya.

Atas nama Pemerintah dan Dinas Pariwisata Humbahas, Barton juga berucap terima kasih kepada seluruh tim yang telah bekerja keras untuk mendapatkan prestasi sebagai Juara I pada lomba Vocal Group.

“Atas prestasi itu, ada permintaan panitia FDT 2019, Sanggar Seni Martabe akan tampil kembali pada acara penutupan FDT ini. Semoga prestasi ini dapat menumbuhkan semangat sanggar-sanggar seni yang ada di Kabupaten Humbahas untuk lebih giat dan kreatif berkarya,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri (Kopedagin) Humbahas, Radna Fride Marbun melalui Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nurliza E Pasaribu menjelaskan, melalui ajang FDT pihaknya juga mengenalkan komoditi UMKM Humbahas.

“Ada banyak komoditi UMKM di Humbahas, baik kuliner maupun souvenir. Humbahas memiliki kuliner yang sangat khas, seperti kopi lintong yang sudah mendunia, sambal dan bandrek andaliman sebagai produk inovatif. Ada luwak kopi, wine coffee dan Humbang Sibori. Penasaran. Silahkan datang ke Humbang Hasundutan anda akan dimanjakan dengan kuliner khas tadi disamping menikmati alam yang asri dan pemandangan yang spektakuler. Silakan buktikan sendiri,” pungkasnya. (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *