Ketua MPR Dukung Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya

  • Whatsapp
Ketua MPR RI
Foto: Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo dan Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan Foto Bersama, Didampingi Ketua TP PKK Pemkab Tapanuli Utara Ny Satika Nikson Nababan Diacara Sosialisasi 4 Pilar di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan-Tarutung, Jumat (7/2/2020). (Foto: Dok-Istimewa)

SmartNews, TaputKetua MPR RI, Bambang Soesatyo menyatakan mendukung sepenuhnya wacana Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan mendirikan Universitas Negeri di Tapanuli.

“Tentu dengan keberadaan universitas itu jika nanti sudah berdiri, akan dapat meningkatkan akses pendidikan tinggi dan kualitas sumber daya manusia dalam rangka percepatan pembangunan di kawasan Danau Toba sekitarnya,” kata Bambang yang hadir sebagai narasumber di acara sosialisasi 4 Pilar di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan-Tarutung, Jumat (7/2/2020).

Bacaan Lainnya

Di kesempatan itu, Bambang juga minta pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kementerian Agama untuk mengalih fungsikan Institut Agama Kristen menjadi Universitas Negeri Tapanuli.

“Kita juga mendorong Tokoh Nasional asal Tapanuli untuk berjuang keras membangun Tapanuli ini. Saya yakin Tapanuli bisa maju apabila masyarakatnya kompak,” ungkap pria yang akrab disapa Bamsoet itu.

Sebelumnya, Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan dihadapan Ketua MPR RI menyampaikan permohonan untuk mewujudkan berdirinya Universitas Negeri Tapanuli Raya.

“Saat ini ada tiga hal strategis dalam mempercepat pembangunan di Tapanuli Raya, yang pertama adalah pembangunan jalan tol dari Danau Toba hingga Tapanuli Tengah sehingga wisatawan mudah menuju Nias, membuka dan membangun jalan menuju kawasan Sei Mangke yang dekat dengan kecamatan Garoga serta pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya,” ucap Bupati Nikson.

Universitas Negeri Tapanuli Raya
Foto: Ketua MPR-RI Bambang Soesatyo Menerima Surat Permohonan Pendirian Universitas Negeri Tapanuli Raya dari Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan Diacara Sosialisasi 4 Pilar di Gedung Kesenian Sopo Partungkoan-Tarutung, Jumat (7/2/2020). (Foto: Dok-Istimewa)

“Mimpi kami adalah bagaimana Tapanuli Raya menyumbang kepada Negara, bagaimana bisa berdikari dan mandiri, kami punya potensi untuk itu. Dengan adanya Universitas Negeri Tapanuli Raya kelak akan melahirkan pemimpin di Negara kita ini. Mudah-mudahan mimpi kami ini dapat segera terwujud, tinggal menunggu ketokan palu dari pemerintah pusat,” jelasnya.

Usai sambutannya, Bupati menyerahkan permohonan pendirian Unversitas Negeri Tapanuli Raya kepada Ketua MPR RI dan langsung ditandatangani sebagai bentuk dukungannya.

Sosialisasi ini juga dihadiri Ketua DPRD Tapanuli Utara Poltak Pakpahan, Forkopimda, Ketua Tim Penggerak PKK Tapanuli Utara Ny. Satika Nikson Nababan. (snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *