Dinas Sosial Tapteng Sosialisasi DTKS

  • Whatsapp
Dinas Sosial Tapteng mengadakan sosialisasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di setiap kecamatan.

SmartNews, Tapanuli – Dinas Sosial Tapteng mengadakan sosialisasi data terpadu kesejahteraan sosial (DTKS) di setiap kecamatan.

Kemarin, Senin (09/03/2020), sosialiasi dilaksanakan aula kantor camat Lumut. Dibuka langsung Kadirun Hasibuan selaku Camat di daerah itu.

Bacaan Lainnya

Pembukaan sosialisasi DTKS ini dihadiri Kadis Sosial Tapteng, Parulian Sojuangon Panggabean bersama Sekretarisnya, Maharni Sitompul, juga Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin, Nurlailan Batubara.

Selain jajaran camat, hadir Lurah dan Kepala Desa se Kecamatan Lumut, operator desa, PKH dan TKSK.

Parulian Sojuangon Panggabean mengatakan, DTKS ini digunakan sebagai sumber data utama dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial, sehingga dapat dilaksanakan secara terarah, terpadu, dan berkelanjutan.

“Hal ini sebagaimana diamanatkan oleh peraturan menteri (Permen) sosial nomor 5 tahun 2019 tentang pengelolaan DTKS. Ini khususnya ditujukan untuk mendukung program PKH dan program sembako di bidang sosial,” katanya.

Dia juga menyebutkan, dalam peraturan menteri desa,pembangunan daerah tertinggal dan transmigrasi nomor 11 tahun 2019, bahwa kegiatan pendataan masyarakat miskin dapat menggunakan dana desa.

“Pendataan itu merupakan salah satu yang diprioritaskan.” jelasnya.

Katanya, sosialiasi DTKS ini sudah dilaksanakan di beberapa kecamatan di Tapteng, antara lain Kecamatan Pandan, Tukka, Sitahuis, Pasaribu Tobing, Sorkam Barat, Sukabangun, Andam Dewi, Sarudik, Lumut, Pinangsori, dan Kecamatan Sukabangun.

“Dan akan berlanjut ke kecamatan lainnya dari jumlah 20 kecamatan yang ada di Tapteng,” Parulian menambahkan.

 

Editor: Arif Tri Pujasakti

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *