Jaga Stamina Warganya, Bupati Taput Buka Dapur Umum Produksi ‘Wedang Jahe’

dapur umum
FOTO: Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan saat Berada Di lokasi Dapur Umum.

SmartNews, Tapanuli – Bupati Tapanuli Utara Drs Nikson Nababan didampingi istri Satika Nikson Nababan membuka dapur umum untuk produksi minuman sehat ‘Wedang Jahe’.

“Hal ini sebagai upaya membantu masyarakat meningkatkan stamina dan imunitas dalam menghambat penyebaran virus corona,” kata Bupati Nikson Nababan, Selasa (24/3/2020).

Bacaan Lainnya

Selanjutnya, kata Bupati Nikson, wedang jahe tersebut dibagikan kepada masyarakat Tapanuli Utara melalui para Camat. Lokasi pusat pembagiannya di Gedung Nasional Tarutung.

Nikson mengatakan, di tengah kelangkaan alat pelindung diri( APD), Pemkab Tapanuli Utara juga melakukan produksi masker, disinfektan dan wastafel mobile.

“Ini merupakan gerakan kita, upaya kita dalam membantu masyarakat meningkatkan stamina lewat minuman sehat berupa wedang jahe yang sebenarnya bahan dasarnya gampang didapatkan. Tetapi saat ini bahan dasar minuman sehat ini juga mengalami kenaikan harga dan sulit di dapatkan,” ungkap Nikson.

Dia mengimbau seluruh masyarakat agar membangkitkan kembali budaya Toga (Taman Obat Keluarga), seperti kunyit, jahe, serai, temulawak, daun sirih dan tanaman obat herbal lainnya.

“Ini tanaman obat alami untuk meningkatkan stamina tanpa resiko kimiawi dan bisa digunakan setiap saat dan selalu segar. Setiap mau digunakan tinggal ambil di taman dan masing-masing keluarga bisa meraciknya,” jelasnya.

dapur umum1
FOTO: Istri Bupati Tapanuli Utara Satika Nikson Nababan saat Mengaduk Adonan Wedang Jahe, Disaksikan Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan.

“Untuk itu, saat ini juga Pemerintah bersama PKK Kabupaten Tapanuli Utara turun tangan membuka dapur umum untuk menyediakan wedang jahe bagi masyarakat yang saat ini kesulitan mendapatkan dan membuat sendiri. Kalau bisa membuat sendiri, silahkan ya. Kita akan produksi tiap hari, terutama bagi masyarakat yang tidak bisa membuat sendiri, seperti lansia. Mari kita lawan bersama penyebaran virus Covid-19 ini, segala upaya kita lakukan dan tetaplah tinggal di rumah, hindari keramaian,” pungkasnya. (pr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *