Wakil Bupati Tapteng Tinjau Kesiapan Bandara Dalam Pencegahan Penyebaran COVID-19

bandara
FOTO: Wakil Bupati Tapteng Darwin Sitompul Didampingi Kepala Kantor Bandara Dr. FL Tobing, Farel TL Tobing dan Kepala Puskesmas Pinangsori Murni Ariani Harefa, S.K.M, saat Meninjau Kesiapan Bandara Dalam Upaya Pencegahan Penyebaran COVID-19.

SmartNews, Tapanuli – Dengan semakin merebaknya penyebaran wabah penyakit yang ditimbulkan oleh Virus Corona (Covid-19) khususnya di berbagai wilayah di Indonesia, sehingga perlu dilakukan antisipasi dalam mencegah penyebaran COVID-19 dan memutus rantai penyebarannya melalui kontrol pemantauan semua pintu masuk ke wilayah Tapteng.

Salah satunya pintu masuk ke wilayah Tapteng sekitarnya adalah melalui Bandara Dr. FL. Tobing di Kecamatan Pinangsori.

Bacaan Lainnya

Di bandara ini pun kini sudah disiapkan langkah-langkah penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona (COVID-19).

Hal ini juga sebagai tindak lanjut atas penandatanganan Keputusan Bupati Tapteng, Bakhtiar Ahmad Sibarani bersama Forkopimda terkait antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19 tersebut.

Wakil Bupati Tapteng, Darwin Sitompul melakukan peninjauan langsung kesiapan Bandara Dr. FL. Tobing, Selasa (23/03/2020) dalam melakukan antisipasi dan pencegahan penyebaran COVID-19.

“Kami dari Pemkab Tapteng menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya kepada pihak Bandara Dr. FL Tobing, yang telah menyediakan Virus Removal Chamber atau Bilik Penyemprotan Sterilisasi Badan untuk pencegahan penyebaran COVID-19. Pemkab Tapteng juga mengapresiasi kerja sama pihak Kantor Bandara Dr. FL Tobing dengan pihak Kepolisian, Dinas Kesehatan, Puskesmas Pinangsori, dan instansi terkait lainnya. Semoga dengan dilakukannya pencegahan ini, maka kita dapat memonitor atau mengetahui para penumpang yang datang ke Tapanuli Tengah ini terkena Virus Corona atau tidak, serta statusnya bagaimana apakah Orang Dalam Pemantauan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), atau positif COVID-19,” ujar Darwin Sitompul.

“Tadi ada warga Australia tiba di Bandara Dr. FL Tobing ini masih tetap dalam pemantauan kita, dan kira-kira 14 hari kedepan kita pantau sesuai dengan protokol dan standar operasional prosedur dalam penanganannya. Kepala Puskesmas Pinangsori sampaikan yang bersangkutan sehat dan statusnya Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kita harus tetap memonitor terus dan ada pihak Kepolisian juga di sini agar kita sama-sama mengetahui, sehingga perlu kerjasama yang baik dalam melakukan pemantauan atau monitoringnya. Harapan kita, janganlah sempat ada COVID-19 diTapteng,” katanya.

Di kesempatan ini, Wakil Bupati Tapteng juga mengimbau masyarakat di daerah itu agar mematuhi aturan-aturan Pemerintah.

“Yang pertama, menghindari tempat-tempat ramai, kalau bisa kami mohon apabila ada rencana mau buat pesta di tunda dulu karena ada banyak sekali saya lihat menyampaikan undangan, apa salahnya diundur dulu karena yang namanya pesta pasti mendatangkan orang ramai. Itu yang perlu kita hindari supaya masyarakat yang belum tau juga lebih paham tujuan kita untuk memutus rantai Virus Corona. Kita juga harus mengatur jarak dengan orang lain minimal 1 meter,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Kantor UPB FL Tobing Tapteng, Farel T.L. Tobing melalui Bagian Humas Bandara Dr. FL Tobing, Jansen Saragih didampingi Abdillah Chair Pane menyampaikan bahwa pihaknya melakukan upaya antisipasi pencegahan penyebaran COVID-19 di lokasi bandara.

“Kami dari Bandar Udara Ferdinand Lumban Tobing Tapteng menyampaikan, selalu mengikuti perkembangan pencegahan Virus Corona ini, dan kami juga mengikuti Intruksi Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah dan secara vertikal Intruksi dari Kementerian Perhubungan dalam hal penanganan pencegahan penyebaran Virus Corona ini. Kami dari Bandara FL Tobing, Tapteng telah melakukan beberapa langkah-langkah, seperti menyiapkan Virus Removal Chamber (Bilik Penyemprotan Sterilisasi Badan) terhadap penumpang pesawat yang datang ke Tapanuli Tengah ini, yang mana baru kita satu-satunya di Sumatera Utara bahkan di Pulau Sumatera yang menggunakan ini,” ungkap Jansen Saragih.

bandara1
FOTO: Bilik Penyemprotan Sterilisasi Badan untuk pencegahan penyebaran COVID-19 di Bandara Dr FL Tobing Pinangsori Tapteng.

Dia juga menjelaskan bahwa di ruang kedatangan dilakukan pemeriksaan suhu tubuh penumpang pesawat.

“Apabila suhu tubuh penumpang pesawat 37.1º Celsius bahkan lebih, maka kami data dan kami memberitahukannya kepada pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah, dalam hal ini Puskesmas Pinangsori untuk penanganan lanjutan. Untuk pihak Bandara sendiri, setiap hari setelah penerbangan dan operasional selesai, kami melakukan sterilisasi bandara dengan penyemprotan desinfektan, terutama ruang kedatangan. Karena di ruangan ini termasuk yang paling banyak lalu lalang orang dan membersihkan fasilitas dan peralatan yang banyak disentuh para penumpang dan petugas bandara,” jelasnya.

Katanya lagi, rutinitas sekali seminggu petugas Bandara Dr. FL Tobing menyemprot seluruh fasilitas bandara, meliputi Gedung Terminal, Gedung Kantor dan Gedung Operasional lainnya.

“Kami juga menyiapkan Hand Sanitizer di semua fasilitas bandara sehingga baik penumpang maupun petugas bandara bisa setiap waktu untuk menggunakannya dan menekankan agar berpola hidup bersih dan sehat,” pungkasnya.

Turut hadir pada kunjungan Wakil Bupati Tapteng, Kepala Kantor Bandara Dr. FL Tobing, Farel TL Tobing beserta Manajemen Bandara dan Bagian Humas Bandara, Kepala Puskesmas Pinangsori Murni Ariani Harefa, S.K.M, Perwakilan Polsek Pinangsori, dan Perwakilan Koramil Pinangsori. (pr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *