Kesal Tak Dikasih Uang, Seorang Pria di Taput Bakar Rumahnya Sendiri

  • Whatsapp
Kebakaran Rumah di Taput
Foto: Rumah yang hangus terbakar.

SmartNews, Tapanuli – Peristiwa menghebohkan terjadi di Desa Parbubu II, Kecamatan Tarutung, Tapanuli Utara (Taput), Sumatra Utara, pada Senin pagi (30/3/2020) sekitar pukul 09.00 WIB.

Seorang pria bernama Sanggam Hutagalung (40) membakar rumahnya. Dua pintu rumah pelaku pun hangus. Selain itu, kobaran api yang besar turut membakar empat unit rumah milik tetangga pelaku.

Bacaan Lainnya

Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen melalui Kasubbag Humas Aiptu Walpon Baringbing dalam keterangan tertulisnya diterima SmartNews, menjelaskan, dari hasil penyelidikan pihaknya, bahwa Sanggam Hutagalung melakukan pembakaran rumah tersebut karena sedang sakit atau mengalami gangguan jiwa.

“Orangtua pelaku juga mengakui hal tersebut. Bahkan pelaku sudah pernah dipasung beberapa tahun lalu, namun dilepas kembali,” kata Walpon.

Menurut Walpon, sebelum peristiwa itu terjadi, Sanggam minta uang kepada orangtuanya, namun tidak diberikan, lantaran setiap hari selalu begitu saja.

“Setelah itu, pelaku mengambil mancis dan membakar kain yang ada di dalam rumah sehingga api menjalar dengan cepat dan membakar rumah yang kemudian merembet ke rumah tetangga,” jelasnya.

Setelah terjadi kebakaran, pelaku melarikan diri. “Saat itu, orangtua pelaku tidak mampu melakukan pemadaman api dan meminta pertolongan dari warga setempat untuk memadamkan kobaran api,” lanjutnya.

“Rumah yang terbuat setengah permanen itu pun cepat di lalap api, di mana dinding rumah tersebut terbuat dari papan dan sudah termakan usia,” tambahnya.

Warga yang tidak mampu melakukan pemadaman secara manual, selanjutnya menghubungi petugas Damkar.

“Sekitar 30 menit kemudian, petugas dari Polres Taput dan Damkar tiba di TKP. Api pun dapat dipadamkan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materil di perkirakan mencapai Rp500 juta,” ungkap Walpon.
Dalam kasus ini, Polres Taput telah mengamankan pelaku. Sementara di lokasi kebakaran sudah dipasang police line. (pr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *