The Rain ‘Gombal Itu Indah’, di Tengah Pandemi Corona

The Rain Rilis Single
Foto: The Rain Band.

SmartNews, Tapanuli – Ada yang unik dari penggarapan musik yang dilakukan oleh band The Rain kali ini. Bagaimana tidak, di tengah wabah virus corona (Covid-19)yang melanda di berbagai negara termasuk Indonesia, menggoyahkan banyak sektor industri, salah satunya industri musik.

Meski begitu, punggawa The Rain yang terdiri dari Indra Prasta (vokal, gitar), Iwan Tanda (gitar), Ipul Bahri (bass), dan Aang Anggoro (drum) memutuskan untuk menggelar rapat virtual dari rumah masing-masing. Hingga tercetus ide untuk merekam sebuah single tanpa bertemu sama sekali.

Bacaan Lainnya

“Ini kami lakukan sekaligus untuk mengirimkan pesan semangat buat teman-teman dimana pun berada, bahwa kita masih bisa tetap produktif di saat yang sulit seperti ini,” ujar Indra sang vokalis, dalam press release Wintha Promotion diterima SmartNews, Tapanuli, Selasa (5/5/2020).

Lagu yang dipilih berjudul “Gombal Itu Indah”, sebuah lagu yang tadinya ditulis untuk album ketiga Serenade pada tahun 2007 silam, namun tidak pernah dimasukkan ke album tersebut maupun album-album berikutnya.

Seluruh proses penggarapan lagu ini dilakukan dari rumah masing-masing, mulai dari bongkar pasang aransemen lagu, hingga rekaman seluruh instrumen. Semua data mentah hasil rekaman dikirimkan kepada Iwan sang gitaris sekaligus bertugas sebagai audio engineer yang mengerjakan mixing dan mastering dari rumah.

“Kami sudah terbiasa mengerjakan berbagai hal teknis secara swadaya sejak The Rain menempuh jalur independen pada tahun 2013. Namun keadaan hari ini berbeda, jadi mau tidak mau semua harus dikerjakan dari rumah,” kata Iwan.

The Rain pun berhasil menyelesaikan lagu yang dibuat tanpa bertemu sama sekali ini, semua untuk para pecinta musik Tanah Air.

“Keterbatasan kami dalam kondisi sekarang, justru memicu kreativitas kami. Bukan berarti di ruma saja, proses kreatif ikut berhenti. Kami tetap bikin karya,” tutup Aang sang drumer yang membuat design artwork lagu ini. (rilis)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *