Nikson Vidcon dengan Camat, Kepala Desa dan Lurah Se-Tapanuli Utara

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Taput Drs Nikson Nababan Vidcon dengan Para Camat, Kepala Desa dan Lurah se-Kabupaten Tapanuli Utara di Kantor Bupati Taput di Tarutung, Rabu 6 Mei 2020. (Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Bupati Taput Nikson Nababan Vidcon melalui Aplikasi Zoom Meeting kepada para Camat dan Kepala Desa/Lurah se-Kabupaten Tapanuli Utara, Rabu (6/5/2020).

Hadir Wakil Bupati Taput Sarlandy Hutabarat dan Sekda, Indra Simaremare serta beberapa pimpinan OPD.

Bacaan Lainnya

Dalam Vidcon ini, Bupati Nikson Nababan menyampaikan arahan terkait teknis pelaksanaan percepatan penanganan Covid-19 di kecamatan, desa, kelurahan serya pembuatan pos karantina wilayah.

Kemudian pendataan calon penerima bantuan serta percepatan penyelesaian APBDes dan Perkades.

“Tidak ada yang bisa memprediksi kapan wabah ini berakhir. Kita harus tetap melakukan segala antisipasi,” ujar Nikson melalui Vidcon.

Dia juga minta agar melakukan sosialisasi di desa dan pekan-pekan terkait semua imbauan dan larangan yang dikeluarkan, dia antaranya Physical Distancing, termasuk jangan ada lagi melaksanakan ibadah di rumah ibadah.

Kepada para Camat, Kades dan Lurah, Bupati kembali minta agar mengimbau masyarakat untuk tidak mudik dari perantauan.

“Monitor posko desa agar tetap berjalan dengan baik, tertibkan posko desa/kelurahan tetap satu jalur agar tidak tumpang tindih. Posko bukan tempat nyanyi-nyanyi dan minum tuak. Perhatikan apa yang dibutuhkan posko desa,” tegasnya.

Bupati juga minta agar didirikan pos karantina perwilayah yang peruntukkannya apabila ada masyarakat yang terpaksa pulang.

Kepada warga juga agar dijelaskan bahwa karantina dilakukan bukan untuk isolasi pasien yang terpapar Covid-19.

“Berikan perlakuan yang manusiawi agar warga yang karantina merasa nyaman. Saya tekankan juga mempercepat pelaksanaan pendataan masyarakat calon penerima bantuan, termasuk bantuan bagi masyarakat bukan KTP Tapanuli Utara,” pesannya dalam Vidcon tersebut kepada para Camat, Kepala Desa dan Lurah.

“Silakan mencantumkan nama calon penerima bantuan, apabila ada usulan warga yang layak menerima bantuan terutama yang terdampak, selanjutnya lakukan musyawarah desa untuk memverifikasi ulang data tersebut. Lakukan koordinasi dengan tepat, semua harus bekerja dengan inisiatif dan kreatif dengan tetap mengacu pada ketentuan,” jelasnya.

“Saya tegaskan agar segera selesaikan APBDes agar dapat secepatnya menyalurkan bantuan yang bersumber dari Dana Desa. Saya minta pada para Kepala Desa, lakukan kebijakan di daerah masing-masing, kerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab. Jangan sungkan untuk memberi untuk warga kita, tunjukkan kebesaran hati anda,” tegas Nikson. (pr)

 

Editor: Syahuan

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *