Bantuan Sosial Tunai untuk 22.172 KK di Taput Mulai Disalurkan

  • Whatsapp
FOTO: Bupati Taput Drs Nikson Nababan Menyerahkan BST Kepada Warga di Kantor Pos Tarutung. (Foto: Istimewa)

SmartNews, Tapanuli – Penyaluran perdana Bantuan Sosial Tunai (BST) dari Kementerian Sosial RI mulai disalurkan di Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sabtu (9/5/2020). Untuk penyaluran BST, Pemkab Taput bekerjasama dengan Kantor Pos.

Bupati Taput, Drs Nikson Nababan menghadiri penyaluran perdana BST di Kantor Pos Tarutung, jalan Sisingamangaraja.

Bacaan Lainnya

Kepada warga penerima BST, Bupati Taput berharap agar bantuan yang diterima disisihkan sebagian untuk modal bertani atau beternak.

Dengan demikian, nantinya bisa memberikan hasil yang lebih maksimal dan berkelanjutan.

“Semoga bantuan dari Kementerian Sosial ini dapat dipergunakan sebaik-baiknya agar mampu mengurangi beban hidup masyarakat. Karena virus Corona ini sungguh suatu bencana dunia yang tidak bisa diperkirakan kapan berakhir,” ujar Nikson.

Bupati mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) atas kucuran bantuan BST di Taput.

“Terima kasih atas perhatian Bapak Presiden Jokowi terhadap penderitaan masyarakatnya. Terima kasih juga kepada Bapak Menteri Sosial Juliari Peter Batubara yang telah menyetujui permohonan kita untuk menambah kuota PKM di Tapanuli Utara hingga meningkat sampai 2 kali lipat,” terangnya.

Bupati juga berharap kepada masyarakat yang belum menerima bantuan tetap bersabar, karena semua yang layak pasti diberikan bantuan, baik melalui pemerintah pusat, provinsi, kabupaten maupun dana desa.

“Bagi masyarakat lainnya di luar penerima BST ini agar tetap bersabar, karena kita tetap upayakan untuk dibantu,” ungkapnya.

“Untuk itu, bagi masyarakat yang layak dibantu namun belum menerima bantuan apapun, silakan mendaftarkan diri ke kepala desa masing-masing. Nantinya, data-data penerima bantuan akan informasikan secara terbuka,” jelas Bupati.

Di kesempatan itu, Bupati Taput juga berpesan agar PT.Pos mampu menyalurkan bantuan ini dengan cepat tanpa kendala dengan melibatkan kepolisian dan juga melakukan pemetaan penyaluran BST ini.

“Saya yakin pihak PT.Pos mampu melakukan yang terbaik hingga keluarga penerima manfaat di desa pun bisa merasakan bantuan ini dengan cepat,” tegasnya.

Kadis Sosial, Irwan Hutabarat dalam laporannya menjelaskan, jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Taput sebanyak 22.172 Kepala Keluarga (KK).

“Besaran BST ini adalah Rp 600.000/bulan yang akan diberikan selama 3 bulan, April, Mei dan Juni,” jelas Irwan Hutabarat.

Sementara itu, Kepala PT.Pos Indonesia Cabang Tarutung, Nia Angriani Pardede mengatakan, penyaluan BST hari ini masih dikhususkan bagi 391 warga dari Kecamatan Siatas Barita.

“Selanjutnya nanti disusul di kecamatan lainnya di Tapanuli Utara,” pungkasnya. (pr)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *