‘Berciuman’ Tidak Boleh Lagi di Humbahas Jika New Normal Diterapkan

  • Whatsapp

NoSmartNews, Tapanuli – Penerapan New Normal terkait wabah Corona Virus Disease-19 (Covid-19) akan mulai dilaksanakan di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Penerapannya nanti akan ditandai dengan pembukaan tempat ibadah, pelaksanaan pesta adat dan akitivitas lainnya.

Bacaan Lainnya

Hal itu dikatakan Kadis Kominfo Humbahas yang juga jubir Gugus Tugas Pencegahan dan Penanggulangan (GTPP) Covid-19 kepada wartawan, akhir pekan lalu.

Hotman menjelaskan, New Normal dimaksud tatanan kehidupan baru yang kembali kepada kondisi semula dengan pengakuan ada Covid-19.

“Jadi dalam New Normal itu semua kembali pada aktivitas semula, dengan catatan mematuhi protokol kesehatan. Pesta adat pun bisa, tetap dengan protokol kesehatan. Jika dulu bisa ‘berciuman’ sekarang tidak bisa lagi,” katanya tanpa menjelaskan lebih jauh perihal berciuman yang seperti bagaimana.

Lebih lanjut, mantan guru itu menambahkan, dalam penerapan New Normal, pihaknya tengah melakukan sosialisasi ke tempat ibadah. Meninjau langsung bagaimana kesiapan tempat ibadah itu dalam pelaksanaan ibadah, dengan syarat mentaati dan melaksanakan protokol kesehatan.

Protokol kesehatan itu, seluruh peserta ibadah harus menggunakan masker. Tempat duduk harus jaga jarak dan menyediakan cuci tangan atau handsanitezer.

Katanya lagi, dalam era New Normal itu petugas tetap jaga di akses keluar masuk daerah itu. Bahkan lebih ketat dari sebelumnya. (and_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *