199 Petugas Bawaslu Humbahas Dirapid Test

  • Whatsapp
FOTO: Petugas medis RSUD Dolok Sanggul melaksanakan rapid test kepada petugas Bawaslu Humbahas dan jajaran. (Foto: and)

SmartNews, Humbahas – Guna mencegah penyebaran Corona Virus Disease-19 (Covid-19), petugas Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara (Sumut) melakukan Rapid Test Covid-19.

Selain Bawaslu, jajaran pengawas pemilu di kecamatan dan kelurahan/desa, turut dilakukan dirapid test, pelaksanaannya dipusatkan di RSUD Dolok Sanggul, Jumat (17/7/2020).

Bacaan Lainnya

Ketua Bawaslu Humbahas, Henri Wesley Pasaribu didampingi komisioner Divisi OSDM, Frida Purba kepada wartawan, mengatakan pelaksanaan rapid test Covid-19 sesuai dengan PKPU Nomor 06 Tahun 2020.

Dijelaskan, bahwa jumlah peserta rapid test tersebut sebanyak 199 orang, masing-masing dari Bawaslu, Panwaslu Kecamatan dan Panwaslu Kelurahan/Desa.

Katanya lagi, pelaksanaan rapid test sangat penting dilakukan penyelenggara Pemilu, di mana tahapan Pilkada yang sedang berjalan saat ini adalah pemutahiran data pemilih melalui coklit (pencocokan dan penilitian).

“Coklit, secara teknis dilakukan dari rumah ke rumah. Sehingga dalam pelaksanaan coklit, petugas penyelenggara teknis dan pengawas teknis perlu dilakukan rapid test untuk mencegah penyebaran Covid-19,” tukasnya.

Selain melakukan rapid test, sambung Henri, pihaknya juga difasilitasi alat pelindung diri (APD) berupa face shield (pelindung wajah), masker, sarung tangan, hand sanitezer dan penambah imun tubuh.

Dalam pelaksanaan dan pengawasan coklit, Henri mengharapkan bantuan semua pihak untuk menyajikan data untuk dicocokkan dan diteliti sesuai data pemilih yang tertuang dalam Data Penduduk Pemilih Potensial (DP4).

“Dalam pemutahiran data pemilih petugas dan pengawas pemilu akan pemilih dari rumah ke rumah. Untuk itu kami berharap dukungan semua pihak untuk penyajian data berupa KK, KTP, atau surat keterangan kependudukan (suket) yang dikeluarkan pejabat berwenang,” tandasnya.

Terpisah, ketua KPUD Humbahas Binsar Pardamean Sihombing via ponselnya mengatakan, sesuai tahapan Pilkada yang tertuang dalam PKPU Nomor 5/2020, pihaknya melalui PPDP sudah melakukan coklit mulai, 15 Juli 2020 dan akan berakhir 13 Agustus 2020.

Dalam pelaksanaan coklit, katanya, petugas akan difasilitasi APD, dan sebelumnya sudah dirapid test untuk pencegahan penyebaran Covid-19. (and)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *