BREAKING NEWS: Kantor Desa Siharjulu Humbahas Diduga Dibakar

  • Whatsapp
Kantor Desa Siharjulu Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbahas, Sumut Diduga Dibakar. (Foto: rtb)

SmartNews, Humbahas – Kantor Desa Siharjulu di Kecamatan Lintong Nihuta, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatra Utara (Sumut) diduga dibakar orang tak dikenal (OTK) pada Selasa (21/7/2020) dini hari sekira pukul 02.30 WIB.

“Tentang kejadian di kantor desa Siharjulu kita dapat laporan dari kepala desa bahwa ada yang mencoba untuk membakar kantor desa tersebut. Laporannya kita terima setengah sembilan. Setelah itu kita langsung menuju TKP, hadir juga Kapolsek Lintong Nihuta AKP D Habeahan, dari Polres Humbahas juga turun melakukan oleh TKP,” ujar Camat Lintong Nihuta, Rahmat Lumban Toruan kepada wartawan di kantornya, Selasa (21/7/2020).

Bacaan Lainnya

Untuk proses lebih lanjut kata Rahmat, pihaknya menyerahkan sepenuhnya kepada kepolisian.

“Dan itu kami serahkan kepada pihak kepolisian untuk menyelidiki untuk mengungkap siapa pelaku yang melakukan pembakaran,” jelasnya.

Dijelaskan Camat, bahwa kejadiannya dini hari sekitar pukul 02.30 WIB. “Sesuai dengan informasi yang kita peroleh dari masyarakat bahwa kejadiannya itu setengah tiga, dan masyarakat berhasil memadamkan api,” terangnya.

Katanya, bahwa yang pertama kali mengetahui kantor tersebut terbakar adalah masyarakat sekitar. “Yang mengetahui pertama masyarakat di sekitar kantor desa tersebut,” kata Rahmat.

Dia pun menjelaskan bahwa belum bisa menyimpulkan bagaimana kronologi kejadian itu. “Ini belum bisa kita simpulkan karena dalam kejadian itu masyarakat yang melakukan pemadaman api tidak ada menjumpai orang di lokasi. Jadi mereka hanya berusaha untuk memadamkan apinya,” tuturnya.

Ditanya apakah kantor tersebut memang sengaja dibakar? Camat Lintong Nihuta membenarkannya.

“Betul, karena ada tumpukan kain hasil pembakarannya di TKP, tepat di depan pintu kantor desa itu,” ungkap Camat.

Kemudian ditanya apa saja yang terbakar di kantor tersebut? “Baik, karena memang pintu dari pada kantor tersebut punya jerjak, jadi hanya daun pintu itu yang terbakar dan juga kabel listrik,” sebut Camat.

Masih Rahmat, masyarakat yang pertama kali mengetahui kejadian itu karena terbangun karena anjing menggonggong.

“Kebetulan di jam setengah tiga, beliau itu (saksi mata) terbangun karena anjing miliknya ribut (menggonggong) di depan kantor itu. Dikirain ada apa, atau maling, makanya dia keluar, dan ternyata dia lihat langsung ada api, begitu. Dan membangunkan tetangganya untuk melakukan pemadaman api,” paparnya.

Terpisah, Kasat Reskrim Polres Humbahas AKP JH Tarigan, membenarkan menerima informasi bahwa kantor desa tersebut terbakar.

“Kita mendapat informasi bahwa terjadi kebakaran. Kebakaran sebagian kecil dari kantor desa Siharjulu. Begitu mendapat informasi, dari pihak kita langsung mendatangi TKP kantor desa tersebut, dan memang benar ditemukan bagian pintu dari kantor desa Siharjulu tersebut sudah bekas terbakar,” kata AKP JH Tarigan.

“Tapi memang tidak habis hanya sedikit (terbakar) bagian bawah pintu depan dari kantor desa tersebut,” jelas Tarigan.

Kasat menambahkan, pihaknya sudah melakukan olah TKP. “Dari hasil olah TKP, kita temukan sepertinya memang terkesan dibakar. Karena di situ ada tumpukan seperti bekas kain atau karet bekas terbakar di bawah pintu tersebut,” katanya.

“Cuma, belum bisa kita pastikan apakah itu sengaja dibakar atau bagaimana. Ini sedang dalam penyelidikan kita,” jelasnya.

Sejumlah barang bukti dari hasil olah TKP diamankan polisi. “Yang kita temukan dari lokasi adalah bekas bakaran tersebut, barang yang diduga seperti karet atau sintetis terletak di bawah pintu bekas bakarannya. Kemudian tidak jauh dari lokasi itu, ada kita temukan sebuah pisau dan sudah kita amankan sebagai barang bukti sementara, sambil kita mengadakan penyelidikan dengan memintai keterangan-keterangan dari masyarakat yang tinggal di sekitar kantor desa itu,” paparnya. (rtb)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *