Satgas Covid-19 Sebut 80 Persen Pasien Terpapar Corona adalah OTG

  • Whatsapp
Menuju Adaptasi Kebiasaan Baru. (Foto: Net)

SmartNews, Tapanuli – Sebanyak 80 persen pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19 disebutkan adalah mereka yang tidak memiliki gejala atau orang tanpa gejala (OTG).

Demikian disampaikan Ketua Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo.

Bacaan Lainnya

“Kita dengar dari banyak daerah, 80 persen rata-rata mereka yang terkonfirmasi positif adalah OTG,” terang Doni saat menggelar konferensi pers di Kementerian BUMN, Jalan Medan Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (20/7/2020).

Doni menambahkan, para penderita Covid-19 ini kebanyakan tak mengalami keluhan fisik. Mereka bahkan tidak demam, batuk, pilek yang menjadi gejala umum terpapar Covid-19 dan harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Kendati tidak ada gejala apapun, namun saat dilakukan pemeriksaan, orang-orang ini justru positif terinfeksi Covid-19. “Setelah diperiksa mereka terpapar Covid-19,” ujar Doni.

Terkait hal itu, Doni mengaku akan terus melakukan koordinasi dengan semua pihak, sebab banyaknya kasus OTG justru semakin berbahaya lantaran orang sakit dengan tanpa gejala ini bebas menularkan virus ke orang sehat.

Lebih lanjut Doni memastikan Satgas akan terus berkoordinasi dengan semua pihak, baik dari segi kesehatan maupun ekonomi. Sebab jangan sampai ada yang tertular tetapi juga jangan sampai ada yang terkena PHK.

“Ini lah langkah-langkah yang harus kita koordinasikan, kami dari gugus tugas merupakan bagian yang tak terpisahkan, kita harus aman Covid tapi tetap produktif. Oleh karenanya kita tidak boleh terpapar Covid, tapi kita juga tidak boleh terpapar PHK,” papar Doni. (cnn_snt)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *